sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekretaris DPLN SBMI Singapura, Kuswati

1 min read

Profil Sekretaris DPLN SBI Singapura, Kuswati

Kuswati yang akrab disapa Watieks adalah Sekretaris Dewan Perwakilan Luar Negeri Serikat Buruh Migran Indonesia (DPLN SBMI) Singapura periode 2022-2024.

Kuswati mulai menjabat sebagai Sekretaris DPLN SBMI Singapura sejak diputuskan melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) yang diadakan di Underground City Hall, Singapura pada Maret 2022.

Perempuan kelahiran Ponorogo, April 1979 ini merupakan buruh migran aktif yang mempunyai hobi di bidang digital. Kuswati merupakan salah satu penggagas platform perdagangan elektronik (e-commerce) malltki.com yang diinisiasi para Buruh Migran Indonesia (BMI) di Singapura.

Di Singapura, Kuswati melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Ia merupakan lulusan S1 jurusan Komunikasi dari Universitas Terbuka, Pokjar Singapura.

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris DPLN SBMI Singapura, dalam kepengurusan DPLN SBMI Singapura periode 2020-2022 Kuswati menjadi koordinator Divisi IT dan Pengarsipan.

Selama mengabdi di DPLN SBMI Singapura, selain menjalankan tugas sesuai fungsinya, Kuswati juga turut aktif melakukan pendampingan pemberdayaan kepada para BMI dengan mengadakan pelatihan dan workshop.

Dengan pelatihan dan workshop tersebut harapannya agar kelak jika para BMI kembali ke Tanah Air sudah mempunyai bekal untuk membuka usaha sehingga bisa menjadi keluarga dengan perekonomian yang berdikari, mapan, dan stabil.

Visits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *