Serikat Buruh Migran Indonesia

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Bendahara DPC SBMI Malang, Nani Sriwilujeng

2 min read
profil bendahara dpc sbmi malang, nani sriwilujeng 16/07/2024

Profil Bendahara DPC SBMI Malang, Nani Sriwilujeng

Nani Sriwilujeng adalah Bendahara Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Malang periode 2022 – 2026 yang terpilih berdasarkan Musyawarah Cabang (Muscab) pada Maret 2022.

Sebelumnya, pada  periode 2018-2022, Nani menjadi Wakil Ketua DPC SBMI Malang dan pernah menjadi  Ketua DPC sementara. Nani juga ikut melakukan aksi damai di Balaikota Malang terkait Kasus Tragedi PT CKS.

Nani merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah dua kali bekerja di negara Hong Kong selama enam dan dua tahun dengan tujuan ingin melanjutkan sekolah dan membantu melunasi utang orang tua dan menyekolahkan adiknya yang sekarang sudah jadi PNS sebagai guru SD.

Selain aktif di SBMI, Nani juga aktif di organisasi lainnya, seperti HIMPAUDI, Pokja PKK, KTNA, Kelompok Wanita Tani, Satgas Keamanan Pangan Kecamatan Wonosari dan organisasi lainnya.

Prestasi yang pernah diraih Nani antara lain pernah menjuarai Lomba Cipta Menu Non Beras tingkat Kecamatan Wonosari  selama 2 tahun berturut-turut, Juara 2 Lomba Fashion Show Bahan Daur Ulang, dan Juara 2 tingkat Kabupaten Malang bidang KRPL.

Putri dari  Sumardianto dan Sarti ini lulusan SDN 2 Sumbertempur  pada tahun 1992, setelah itu melanjutkan ke jenjang berikutnya di SMP PGRI 05 Ngajum lulusan tahun 1995. Kemudian melanjutkan ke SMK Prajnaparamitha Malang (dulunya Sekolah Menengah Ilmu Pariwisata jurusan Perhotelan), lulus tahun 1998.

Setelah lulus sekolah, Nani pernah bekerja di Bali selama setahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengadu nasib ke Hong Kong pada usia 21 tahun di tahun 2000. Setelah selama 6 tahun bekerja di Hong Kong, pada tahun 2006 Nani  pulang untuk menikah  dan kembali lagi ke Hongkong pada  tahun 2008 selama 2 tahun.

Sepulang dari Hong Kong, Nani  ingin mengabdikan hidupnya di bidang  sosial dengan menyelenggarakan pendidikan untuk anak usia dini di kampungnya  supaya masyarakat tidak terlalu jauh menyekolahkan anaknya di desa lain. Nani kemudian melanjutkan pendidikan di jenjang  perguruan tinggi dengan jurusan PG-PAUD di Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban dan berhasil lulus pada  tahun 2015.

Perempuan yang sekarang telah dkaruniai dua anak ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Keseharianya, Nani mengabdikan diri sebagai Kepala Sekolah PAUD di kampung halamannya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Selama di SBMI sejak tahun 2018, Nani bersama pengurus DPC lainnya  aktif melakukan sosialisasi dengan kegiatan roadshow untuk menyamakan persepsi tentang pengorganisasian ke desa-desa dan melayani pengaduan kasus serta mengupayakan  pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya. Bersama pengurus DPC lainnya, Nani juga  pernah melakukan audiensi dengan Disnaker Malang terkait Implementasi UU 18 tahun 2017. 

Di bawah  kepemimpinan Ketua DPC SBMI Malang, Endang Yulianingsih, Nani bersama pengurus lainnya juga  aktif  terlibat  dalam berbagai  survei  terhadap BMI terdampak Covid-19. Kerja sama SBMI dengan pihak eksternal.

Di bidang pemberdayaan ekonomi, Nani menjadi kordinator dalam merintis badan usaha berupa mini market semi grosir bernama SBMI Mart yang berada di bawah naungan Koperasi SBMI dan saat ini SBMI Mart telah berdiri di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Nani berpesan, dalam berorganisasi janganlah mengharapkan apa yang akan kita dapat tapi pikirkan apa yang bisa kita beri dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Views: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *