sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPK SBMI Ngantang, Suyati

1 min read

Profil Ketua DPK SBMI Ngantang, Suyati

Suyati adalah Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan Serikat Buruh Migran Indonesia (DPK SBMI) Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Ia terpilih sebagai Ketua DPK SBMI Ngantang melalui Musyawarah Kecamatan (Muscam) yang dilaksanakan di Kantor Koperasi SBMI Unit Ngantang pada Mei 2021.

Selain aktif di SBMI, Suyati juga aktif menjadi Tim Penggerak PKK Desa sebagai Sekretaris Pokja 1  dan menjabat sebagai Bendahara Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Suyati merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di negara Taiwan selama dua tahun, dari tahun 1998 hingga 2000.

Sepulang dari Taiwan, Suyati berusaha membuka usaha di rumah. Berbagai usaha telah ia coba geluti, seperti ternak ayam petelur, buka warung makan, dan jual telur asin. Namun, semua usahanya gagal. Meski demikian, Suyati tidak pernah patah semangat. Ia tetap terus berusaha agar bisa mandiri dalam kehidupan sampai menemukan kesuksesan.

Saat ini usaha yang digeluti Suyati adalah ternak sapi perah. Meski sempat dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan ada 1 ekor sapi babon yang baru  beranak meninggal, Suyati tetap semanggat dan tetap berusaha bangkit.  

Bersama pengurus DPK dan DPD SBMI yang sudah terbentuk di 13 Desa di Kecamatan Ngantang, Suyati aktif melakukan pendampingan dan sosialisasi tentang tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur.

Perempuan kelahiran Malang pada 2 April 1973 ini merupakan warga Dusun Gagar RT16/RW06, Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Suyati merupakan salah satu tokoh senior yang sudah bergabung dengan SBMI sejak tahun 2006, jauh sebelum ia menjadi BMI ke Taiwan. Bahkan, ia terlibat dalam pembentukan Koperasi TKI Pura ‘Jaya Makmur’ di Kecamatan Ngantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *