sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Manajer SBMI Mart Kaliwiro Wonosobo, Roni Saifudin

2 min read

Manajer SBMI Mart Kaliwiro Wonosobo, Roni Saifudin

Roni Saifudin adalah Manajer SBMI Mart Kaliwiro, Wonosobo yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan pengurus Koperasi SBMI Cabang Wonosobo pada September 2022. SBMI Mart merupakan badan usaha berupa mini market semi grosir yang berada di bawah naungan Koperasi SBMI. Sebelumnya, Roni merupakan salah satu pengurus Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI) Wadaslintang.

Roni merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di negara Taiwan selama 3 tahun, dari tahun 2013 s/d 2016. Sebelum merantau ke Taiwan, ia juga pernah bekerja di sebuah apartemen di Jakarta sebagai marketing.

Ketika masih menjadi BMI di Taiwan, Roni sering membantu teman-temannya sesama BMI yang terkena masalah. Bahkan, ia pernah melaporkan majikanya sendiri ke Imigrasi Taiwan lantaran menahan gaji teman satu pabrik dengannya. Agency di Taiwan pun tak luput dari kemarahanya. Ia pernah juga melaporkan agency-nya gara-gara memotong uang pajak penghasilan atas gajinya.

Sebenarnya, Roni sudah mengenal SBMI sejak tahun 2018 saat ia membuka stand kopi di acara Festival HAM di kota Wonosobo. Saat itu ia berbincang dengan salah satu pengurus SBMI Wonosobo yang mampir minum kopi di stand kopinya. Namun, Roni baru bergabung dengan SBMI pada tahun 2020 dan menjadi salah satu pengurus DPD SBMI Wadaslintang.

Selain aktif di SBMI, Roni juga seorang pengusaha kopi. Bahkan kopi olahannya sudah mendapatkan sertifikasi dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PUSLITKOKA) pada tahun 2020 untuk kategori kopi spesialty dengan nilai uji citarasa 85.75.

Pria kelahiran Temanggung pada tahun 1989 yang menikah dengan seorang gadis dari Wonosobo dan sudah dikaruniai dua orang anak ini merupakan anak dari seorang aktivis lingkungan.

Bapak kandung Roni yang bernama Ismanto pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru tingkat Kabupaten dan Provinsi karena sukses merehabilitasi lahan kritis di lereng Gunung Sindoro yang terancam menjadi gurun hingga menjadi hijau subur dan penuh dengan tanaman kopi arabika.

Roni hanya ingin hidup bermanfaat untuk sesama. Ia selalu mengingat nasihat orang tuanya bahwa “urip iku kudu urup” yang artinya bahwa hidup harus bermanfaat untuk sesama, apa pun bentuk manfaat yang kita berikan.

Sebagai Manajer SBMI Mart, Roni berharap perkembangan SBMI Mart semakin pesat, bahkan bisa membuka cabang baru di setiap kecamatan di seluruh Indonesia, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Yang lebih penting adalah SBMI Mart bisa sebagai pasar untuk menghubungkan purna BMI yang memiliki usaha dengan konsumen yang tepat.

Roni berharap, SBMI akan terus menjadi garda terdepan untuk membela kemanusiaan, khususnya pembelaan terhadap kepentingan dan hak buruh migran dan anggota keluarganya, sebagaimana slogan SBMI “Lawan Sekarang atau Tertindas Selamanya!”

Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *