Serikat Buruh Migran Indonesia

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekretaris DPC SBMI Probolinggo, Nevi Oktavia Herdyanti

2 min read
profil sekretaris dpc sbmi probolinggo, nevi oktavia herdyanti 16/07/2024

Nevi Oktavia Herdyanti

Nevi Oktavia Herdyanti atau akrab dipanggil Via adalah Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Probolinggo periode 2020 – 2024.  

Via terpilih sebagai Sekretaris DPC SBMI Probolinggo pada Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Desa Kropak, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo pada April 2020.

Via merupakan perempuan kelahiran Jember, 30 Oktober 1985. Ia anak kedua dari tiga bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri bernama Anang Suharsono (bapak/alm) dan Hermin (ibu).

Saat ini, Via berdomisili di Jalan Srikandi 1 Kav. 17/2b, RT03/RW04, Kelurahan Sukoharjo,  Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Selama mengabdi di SBMI, Via bersama Ketua SBMI Probolinggo, Yuniatiningsih dan pengurus lainnya banyak melakukan pendampingan terhadap BMI bermasalah dan BMI korban pengiriman nonprosedural, baik yang sakit atau meninggal dunia di negara penempatan.

Bersama pengurus DPC SBMI Probolinggo lainnya, Via juga aktif memberikan edukasi kepada warga Kabupaten dan Kota Probolinggo terkait tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluaraganya.

Selain mengabdi di SBMI, Via juga menjabat sebagai Kepala Kelompok Bermain (KB) ‘Kasih Ibu 1’ Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Ketua Jaringan Perempuan Pekerja Rumahan Indonesia (JPPRI) Wilayah Kabupaten Probolinggo, Pengurus JPPRI Jawa Timur Seksi Organisasi, Manager Kasus (MK) di Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kota Probolinggo, Ketua SIPOL di Sekolah Kepemiluan KPU 2022, dan Sekretaris Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Pada tahun 2015, Via pernah mengikuti lomba pembuatan Alat Peraga Educatif (APE) dalam/indoor untuk anak PAUD yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) kerja sama dengan Radar Bromo dan meraih Juara Harapan 5. 

Pada tahun 2018, Via mengikuti Lomba Guru Teladan dan Lomba Head Master Pendidikan yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Probolinggo dan meraih Juara Harapan 6. Tahun 2022, Via mengikuti Lomba Program Unggulan Lembaga Kelompok Bermain dan meraih Juara Harapan 5.

Aktivitas sehari-hari Via adalah mengajar anak-anak PAUD di Kelompok Bermain ‘Kasih Ibu 1’  pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Sedangkan setiap hari Rabu, Via melakukan pendampingan pasien HIV/AIDS di RSUD dr. Muhamad Saleh, Kota Probolinggo.

Views: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *