sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekertaris DPC SBMI Bondowoso, Imam Fauzi

2 min read

Sekertaris DPC SBMI Bondowoso, Imam Fauzi

Imam Fauzi adalah Sekertaris DPC SBMI Kabupaten Bondowoso yang terpilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Kantor DPC SBMI Bondowoso pada tahun 2020. Ia mendapat amanah  sebagai Sekertaris DPC SBMI Bondowoso dengan masa jabatan 2020 Р2024.

Pria kelahiran Bondowoso 11 Juni 1986 ini merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri yang bernama Buarjo (bapak)  dan Sudarmi (ibu). Imam Fauzi tamat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tahun  2006. 

Imam adalah anak dari seorang purna Buruh Migran Indonesia (BMI). Ibunya merupakan purna BMI yang pernah bekerja di Arab Saudi. Bahkan, Imam telah ditinggal ibunya menjadi BMI ketika masih berusia 4 tahun. Ketika Imam berusia 10 tahun, ibunya pulang ke Tanah Air. Namun, sang ibu berangkat lagi ke Arab Saudi hingga 10 tahun lamanya.

Imam tertarik bergabung dengan SBMI karena dilatarbelakangi oleh masa lalunya. Sebelum mengenal SBMI, Imam berprofesi sebagai calo yang sering menempatkan BMI yang tidak berdokumen dan diberangkatkan secara nonprosedural.

Setelah mengenal SBMI dan beberapa kali mengikuti kegiatan SBMI, Imam baru menyadari bahwa tindakannya salah, bahkan berisiko hukum yang cukup berat. Oleh karena itu, Imam memutuskan untuk berhenti menjadi calo dan membulatkan tekad bergabung dengan SBMI hingga mendapat amanah sebagai Sekretaris DPC.

Selama mengabdi di SBMI Bondowoso, Imam Fauzi bersama pengurus lainnya  banyak melakukan pendampingan terhadap BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, termasuk pemulangan BMI yang sakit dan meninggal dunia di negara penempatan.

Bersama pengurus DPC lainnya, Imam Fauzi juga aktif memberikan edukasi  kepada warga Kabupaten Bondowoso tentang tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai dengan prosedur serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya. Imam juga aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat yang mau bekerja ke luar negeri agar jangan mudah percaya dengan bujuk rayu calo.

Selain mengabdi di SBMI, Imam Fauzi juga aktif di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Bondowoso serta bergabung dengan organisasi lainnya di bidang sosial kemanusiaan dan lingkungan hidup.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *