SBMI MALANG GELAR ‘DISKUSI KOMUNITAS’ DI DESA BRONGKAL

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SBMI Kabupaten Malang mengadakan Diskusi Komunitas di Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Diskusi Komunitas ini terselenggara atas kerja sama antara SBMI dengan Yayasan Tifa dalam program Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Keorganisasian SBMI dari Desa Melalui Penanganan Kasus dan Pemberdayaan Ekonomi’

Peserta diskusi ini adalah para mantan BMI yang pernah bekerja di berbagai negara, seperti mantan BMI Hongkong, mantan BMI Singapura, dan mantan BMI Arab Saudi serta para keluarga BMI di Desa Brongkal. Para peserta diberi kesempatan untuk sharing pengalaman selama bekerja di luar negeri. 

Dalam diskusi tersebut, Wakil Ketua DPC SBMI Malang, Nani Wilujeng menyampaikan beberapa hal tentang pentingnya berserikat bagi para purna buruh migran dan keluarganya. Nani juga memaparkan tentang tujuan kenapa perlu membentuk kepengurusan SBMI di tingkat desa.

“Dengan berserikat, kita bisa menguatkan komunitas secara berkelanjutan. Untuk itulah kita perlu membentuk DPD SBMI untuk meningkatkan dan menguatkan kapasitas peran SBMI di tingkat desa,” kata Nani.

Sementara salah satu pengurus DPN SBMI, Dina Nuriyati yang menghadiri diskusi ini menyampaikan tentang sejarah berdirinya SBMI dan apa saja kegiatan SBMI  selama ini, serta memaparkan materi tentang pentingnya berorganisasi.

Dari kegiatan inilah kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan pengurus Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI Brongkal, pada 6 Oktober 2020 di rumah seorang purna BMI warga Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran.

***

Penulis: NANI WILUJENG SBMI MALANG

Tinggalkan Komentar Anda