sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Indramayu Mengikuti ‘Pelatihan Produksi Video Menggunakan Smartphone’ yang Diadakan Watchdoc

2 min read

SBMI Indramayu Mengikuti ‘Pelatihan Produksi Video Menggunakan Smartphone’ yang Diadakan Watchdoc

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Indramayu mengikuti pelatihan produksi video yang diadakan oleh rumah produksi audio visual atau studio film dokumenter, Whatchdoc. Pelatihan dengan judul “Pelatihan Produksi Video  Menggunakan Smartphone” ini diadakan di Grand Hotel Trisula Indramayu selama tiga hari, dari tanggal 26 – 28 Januari 2023.

Perwakilan SBMI Indramayu yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari empat orang, yaitu Inih Carkinih, Jayanto, Wahyudin dan Siti Asiyah.

Selain SBMI Indramayu, pihak Watchdoc juga mengundang peserta lintas organisasi di Indramayu yang konsen dengan berbagai isu, dari Komunitas Disabilitas, Komunitas Perempuan, Komunitas LGBTQ, dan Komunitas rentan lainnya

Pengurus DPC SBMI Indramayu, Inih Carkinih mengatakan, pelatihan produksi video menggunakan smartphone ini sangat bermanfaat bagi SBMI karena isu-isu terkait permasalahan buruh migran perlu dikampanyekan secara masif melalui media sosial, salah satunya dengan menggunakan video.

“Terima kasih kepada Tim Whatchdoc. Pelatihan ini sangat berguna untuk pendokumentasian dan kampanye isu buruh migran dan kerja-kerja SBMI di Indramayu,” kata Inih.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi tentang pentingnya menguasai dan memproduksi informasi lewat smartphone serta dasar-dasar video smartphone. Peserta sangat antusias menyimak penjelasan mentor dari awal sampai akhir dan di akhir materi, peserta diberikan tugas cara membuat storyline, secara berkelompok. Setiap kelompok berisi 5 orang.

Hari kedua, evaluasi storyline dan materi pengambilan gambar serta teori editing smartphone. Peserta juga diberikan ilmu tentang teknik pengambilan gambar dengan shot, medium dan longshot, serta landscape dan potrait. Di sesi akhir, mentor memberikan tugas membuat video pendek dengan masing-masing pemilihan tema serta isu. Selesai pelatihan hari kedua semua kelompok bergegas untuk pengambilan gambar dan wawancara sesuai dengan tema masing-masing kelompok.

Hari ketiga pengumpulan tugas membuat video pendek. Evaluasi dari semua kelompok, saling berbagi ilmu dan saling belajar. Setelah itu diskusi dan saling sharing tentang pembuatan video pendek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *