sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPC SBMI Cianjur, Ajat Sudrajat

2 min read

Ajat Sudrajat adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat periode 2019 – 2024. Ia terpilih sebagai Ketua DPC SBMI Cianjur secara aklamasi pada Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Cianjur pada 21 Oktober 2019. Sebelumnya, Ajat telah menjabat sebagai Ketua DPC SBMI Cianjur periode 2015 – 2019.

Laki-laki yang lahir di Cianjur pada 27 Agustus 1974 ini merupakan anak kelima dari lima bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri bernama Dadang (bapak) dan Yuyun Yohana(ibu).

Ajat Sudrajat tamat Sekolah Dasar (SD) tahun 1988 kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) lulus tahun 1991 dan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1994 .

Selain mengabdi di SBMI, Ajat juga aktif mengabdi di desa sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jati dari tahun 2014 – 2019. Ajat kemudian terpilih menjadi ketua BPD sekaligus menjadi Ketua Forum BPD, se-Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur periode 2019 – 2025.

Pada pemilu tahun 2009 dan 2014, Ajat menjadi Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Jati Kecamatan Bojong Picung dan pada pemilu tahun 2019, Ajat terpilih menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Bojong Picung.

Selama mengabdi di SBMI, Ajat Sudrajat bersama pengurus DPC SBMI Cianjur  lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya. Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan.

SBMI Cianjur di bawah kepemimpinan Ajat Sudrajat juga aktif memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kabupaten Cianjur dan sekitarnya mengenai tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur, serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya.

Visits: 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *