sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Wakil Ketua SBMI Malaysia, Riki Orlando

1 min read

Profil Wakil Ketua SBMI Malaysia, Riki Orlando

Riki Orlando adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Luar Negeri Serikat Buruh Migran Indonesia (DPLN SBMI) Malaysia masa bakti 2022-2024.

Riki terpilih sebagai Wakil Ketua SBMI Malaysia melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) yang diadakan di Hotel Adamson, Kuala Lumpur pada 22 Juli 2022 dan resmi dilantik pada 22 Agustus 2022.

Selain menjabat Wakil Ketua DPLN, Riki  juga aktif membantu di bidang advokasi dalam penanganan berbagai kasus Buruh Migran Indonesia (BMI) di Malaysia, salah satu di antaranya penyelesaian BMI yang gajinya tidak dibayar.

Sebelumnya, pada kepengurusan SBMI Malaysia periode 2020-2022, Riki menjabat sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Advokasi.

Pria kelahiran Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada 15 Maret 1980 ini merupakan anak ke tiga dari lima bersaudara yang diahirkan oleh pasangan suami istri Thomas (ayah) dan Perada Keron (ibu). Kedua orang tuanya adalah seorang petani di tanah kelahirannya, Desa Lewopao, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur.

Riki menikah pada tahun 2004  dan saat ini sudah dikaruniai tiga anak.

Riki lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 1996. Setelah lulus, ia tidak meneruskan jenjang pendidikan selanjutnya karena faktor biaya dan memutuskan untuk merantau ke Malaysia hingga sekarang.

Saat ini Riki bekerja sebagai Supervisor di sebuah perusahaan pembuatan truk di Jenjarum, Kuala Langat, Selangor.

Menjelang Pemilu 2019, tepatnya pada tahun 2018-2019, Riki pernah ikut menjadi Relawan Tim pemenangan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden

Selama di Malaysia, Riki pernah bergabung dengan salah satu organisasi, tapi tak lama kemudian ia memutuskan untuk keluar dari organisasi tersebut dan sekarang hanya bergabung dan aktif di SBMI saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *