sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPD SBMI Kalisemut Lumajang, Erna Natalia (Mbak Erna)

1 min read

Profil Ketua DPD SBMI Kalisemut Lumajang, Erna Natalia (Mbak Erna)

Erna Natalia yang akrab dipanggil Mbak Erna adalah Ketua Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI) Desa Kalisemut yang terletak di Kecamatan Padang,  Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Mbak Erna terpilih sebagai Ketua DPD SBMI Kalisemut 24 Januari 2020 – 24 Januari 2024 secara aklamasi pada Musyawarah Desa (Musdes) yang diadakan pada tanggal 24 Januari 2020 di rumah Kepala Desa Kalisemut yang dihadiri oleh Madiono selaku Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia Lumajang waktu itu.

Selama mengabdi di DPD SBMI Kalisemut, Mbak Erna bersama pengurus DPD dan DPC SBMI Lumajang banyak melakukan pendampingan kepada para Buruh Migran Indonesia (BMI) bermasalah dan korban pengiriman nonprosedural, baik yang disiksa majikan, yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan. 

Mbak Erna juga ikut aktif memberikan edukasi kepada warga Kabupaten Lumajang tentang tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur. Selain itu juga memperjuangkan hak dan keadilan BMi dan keluarganya serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya. 

Mbak Erna kelahiran Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang pada tanggal 9 April 1990. Ia kemudian ikut suaminya pindah ke Desa Kalisemut pada tahun 2007. 

Setelah lulus Sekolah Dasar, Mbak Erna menempuh Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pondok Pesantren Bustanul Ulum di Desa Krai dan menetap di pondok sambil memperdalam ilmu pendidikan Agama Islam.

Selain mengabdi di SBMI Mbak Erna juga aktif di Fatayat Nahdlatul Ulama di Kecamatan Padang dengan jabatan Sekretaris Pengurus Anak Cabang (PAC) dan  aktif di Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kalisemut sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 1.

Views: 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *