sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Kadiv Advokasi DPC SBMI Tulungagung, Munif Rodaim, S.IP

2 min read

Profil Kadiv Advokasi DPC SBMI Tulungagung, Munif Rodaim, S.IP

Munif Rodaim, S.IP adalah pengurus Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Tulungagung periode 2020 – 2024 yang mendapat amanah sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Advokasi.. Munif terpilih sebagai pengurus DPC melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Sekretariat DPC SBMI Tulungagung pada 13 September 2020.

Munif bergabung dengan SBMI Tulungagung sejak tahun 2019.  Pria yang lahir pada 29 Juni 1979 di Desa Blimbing, Kecamatan Rejotangan ini mengeyam pendidikan terakhir pada bangku kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Darul Ulum Jombang tahun 2009-2015 dengan gelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP)

Ketika menjadi mahasiswa, ia  aktif dalam organisasi pergerakan mahasiswa. Pengalaman organisasi tersebut mengasah kepekaannya terhadap ketidakadilan yang menimpa PMI di daerahnya.

Munif dibesarkan dari lingkungan masyarakat PMI. Pria beranak tiga ini bercita-cita untuk memperjuangkan hak-hak buruh migran Indonesia. Hal ini berawal dari cerita pengalaman  saudara, teman dan tetangganya selama menjadi buruh migran. Penipuan calo, gaji tak dibayar majikan, pelanggaran hak-hak asasi oleh majikan, serta kekerasan dan pelecahan seksual nyaris menjadi cerita ironi purna PMI di lingkunganya.

Bersama dengan SBMI Tulungagung, pria 43 tahun ini telah membentuk dua kepengurusan SBMI di tingkat desa, yaitu Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI  Desa Sukorejo Wetan dan DPD SBMI Desa Tanen hingga terbentuk Satgas Perlindungan PMI. Selain itu, bersama pengurus SBMI Tulungagung lainnya telah berhasil mengurus kepulangan PMI yang meninggal di Malaysia serta berhasil mengadvokasi pada korban penipuan calo.

Untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengadvokasi para PMI, pria yang memiliki hobi menulis ini juga selalu aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh DPN SBMI. Selain sebagai kontributor pada portal berita  SBMI, ia juga aktif menulis di beberapa media online. Di antaranya tulisan berjudul  ‘Memperkuat Resiliensi Ekonomi Para Purna PMI’ yang di-publish di website literasiwarga2021.blogspot.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *