sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI BANYUWANGI DISTRIBUSIKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK BURUH MIGRAN TERDAMPAK COVID-19

2 min read

SBMI Banyuwangi bekerja sama dengan The Freedom Fund mendistribusikan bantuan sosial kepada buruh migran terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

The Freedom Fund adalah organisasi nirlaba internasional yang didedikasikan untuk mengidentifikasi dan berinvestasi dalam upaya garis depan paling efektif untuk mengakhiri perbudakan.

Penyerahan bantuan sosial dilaksanakan di dua tempat, yaitu di pendopo Kantor Kepala Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo pada Selasa (23/11/2021) dan di pendopo Kantor Kepala Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar pada Rabu (01/12/2021).

Bantuan sosial yang diserahkan kepada para buruh migran yang terdampak Covid-19 tersebut berupa  paket sembako, vitamin C, hand sanitizer, dan masker.

Selain dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Desa setempat, penyerahan bantuan sosial juga dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI Desa Kebondalem dan pengurus DPC SBMI Banyuwangi. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) SBMI, Bobi Anwar Ma’aris dan Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SBMI, Moch. Ernawan.

Penerima manfaat dari bantuan sosial ini berjumlah 65 mantan buruh migran yang tersebar di 19 kecamatan, dengan perincian, Kecamatan Licin 3 orang, Cluring 10 orang, Genteng 1 orang, Tegalsari 1 orang, Banyuwangi 7 orang, Siliragung 2 orang, Kabat 1 orang, Muncar 9 orang, Bangorejo 14 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Rogojampi 2 orang, Glagah 1 orang, Srono 2 orang, Purwoharjo 4 orang, Kalipuro 1 orang, Sempu 2 orang, Glenmore 1 orang,  Gambiran 2 orang, Pesanggaran 1 orang dan Kecamatan Blimbingsari 1 orang.

Martini (46), purna buruh migran Malaysia asal Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo yang menjadi salah satu penerima manfaat mengaku bersyukur telah mendapat bantuan sosial. Martini pulang dari Malaysia pada bulan Maret 2020 dan tidak bisa berangkat ke Malaysia lagi karena wabah Covid-19.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada SBMI dan Freedom Fund.  Bantuan ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi sedikit beban ekonomi saya,” katanya.

Ketua DPC SBMI Banyuwangi, Agung Subastian menyampaikan terima kasih atas adanya program bantuan sosial untuk buruh migran terdampak Covid-19 di Banyuwangi yang telah difasilitasi oleh DPN SBMI.

“Terimakasih kami ucapkan kepada DPN SBMI dan The Freedom Fund yang telah memberikan solusi atas kesulitan masalah ekonomi akibat adanya wabah Covid-19 yang berimbas pada buruh migran di negara penempatan sehingga harus dipulangkan dan belum bisa bekerja kembali,” kata Agung Subastian.

***

Penulis: Ritna Naa – SBMI Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *