sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

REFLEKSI 19 TAHUN SBMI, PERSATUAN ADALAH KEKUATAN

6 min read

CATATAN KOORD. DEPT. PEMBERDAYAAN EKONOMI DPN SBMI;

Banyak yang Luar Biasa dalam kehidupan selama berorganisasi di Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) yang anggotanya berasal dari berbagai daerah dengan keanekaragaman karakter, latar belakang politik, suku, agama, dan budaya. Sebagian besar yang tergabung di SBMI senantiasa mengedepankan kebersamaan. Mereka menyadari bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain, karena pada dasarnya manusia ialah makhluk sosial.

Dari sisi pandang saya dengan latar belakang wirausaha, begitu juga dari sisi pandang pengelolaan potensi bisnis anggota SBMI, adanya semangat kebersamaan dapat membentuk tim untuk membuat sebuah usaha semakin maju sebab masing-masing anggota bisa saling bersinergi dengan kelebihan yang dimiliki. Dalam sebuah tim, satu sama lain bisa saling menguatkan dan memotivasi sehingga kinerja dapat semakin baik (solid). Bahkan, tim yang solid akan merasa saling memiliki satu sama lain. Berbagai cobaan dan tantangan bisa SBMI lalui dan sekarang bisa kita lihat bersama bahwa 19th SBMI tetap berdiri kokoh dengan tetap konsisten pada perjuanggannya demi tercapainya kemanusiaan yang memanusiakan manusia untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

Tidak dipungkiri bahwa sebuah persatuan ialah kekuatan terbesar SBMI. Kerja sama antar anggota tim yang berada di dalamnya dengan senantiasa mengedepankan positif thinking, mampu membuat target tujuan lebih mudah dicapai. Pekerjaan pun semakin terasa ringan dikerjakan. Apabila dikerjakan secara sendirian, hasilnya sudah tentu tidak akan seperti kerja tim. Dari segi jumlah, kerja tim lebih banyak. Lalu, untuk kualitasnya pun bisa lebih unggul karena dalam tim terdiri dari para anggota yang berkolaborasi menyumbangkan kecerdasan dan kelebihan yang dimiliki. Teamwork memang sangat penting dalam berserikat atau berorganisasi. Tim dapat membantu sebuah usaha untuk mencapai kesuksesan. Bahkan di dalam bisnis tidak ada yang sukses apabila dikerjakan sendirian. Tetap harus ada beberapa orang dengan keahlian masing-masing yang mendukung kesuksesan tersebut. “Tim yang bagus bukanlah tim yang memiliki kemampuan yang sejenis, tetapi tim yang saling melengkapi.”

Bergabung dengan SBMI banyak tambahan wawasan yang saya dapatkan, baik itu terkait dengan minat, bakat, maupun bidang ilmu yang sedang dan ingin terus saya dalami. Di SBMI saya bisa menjalin hubungan antar anggota, saling memberikan dukungan satu sama lain untuk bisa menguasai sesuatu dan saya mendapatkan banyak tambahan relasi untuk bisa membantu memasarkan hasil usaha dan meng-eksplore seluruh potensi yang saya miliki maupun yang dimiliki oleh kawan-kawan anggota SBMI yang lain.

Ketika silaturahmi ke komunitas SBMI yang ada di desa (DPD SBMI), sering saya mendengarkan celetukan kawan-kawan anggota yang ada di desa, bahwa dengan berserikat dan tergabung di SBMI ternyata bisa membawa diri dan keluarga mereka terangkat harkat dan martabatnya baik di mata keluarga besar, saudara, teman, maupun warga masyarakat desa di mana mereka tinggal.

Hal Luar Biasa lagi yang saya dapatkan ketika berserikat dan tergabung di SBMI adalah  ada berbagai momentum diskusi antar anggota dan jaringan. Pada momentum diskusi-diskusi tersebut saya sering mendapatkan ide yang spektakuler, menjadikan kemampuan yang saya miliki menjadi semakin berkembang, karakter semakin terbentuk, dan konsisten dalam melakukan sesuatu pada kehidupan sehari-hari.

Berkat rahmat Allah , Tuhan yang Maha Esa serta dukungan Pengurus dan Anggota SBMI yang Luar Biasa mulai dari desa hingga pusat, terbentuklah Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia (Koperasi SBMI) sebagai badan usaha otonom dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) yang berdiri secara pra Koperasi pada 27 Juni 2018 dan kini telah berbadan hukum sebagai koperasi konsumen primer nasional dengan jumlah anggota hingga sekarang, yaitu sejumlah 1.597 orang yang tersebar di 13 kabupaten dalam 6 propinsi dan keanggotannya dari waktu ke waktu semakin terus bertambah.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga saat ini berdampak pada lambatnya pertumbuhan ekonomi, dan banyak usaha dari berbagai sektor yang mengalami gulung tikar. Namun kita semua patut bersyukur bahwa lembaga otonom SBMI yaitu Koperasi SBMI pada situasi dan kondisi yang sulit ini justru mampu membuka sebuah peluang usaha mini market semi grosir yang diberi nama SBMI MART dengan pilot project di Pengadengan, Pancoran, Jakarta Selatan dan di Ngantang, Malang, Jawa Timur. Grand Opening dua SBMI MART tersebut bertepatan dengan ULTAH SBMI ke-18 pada 25 Februari 2021. Satu tahun berjalan SBMI MART yang di Malang telah tumbuh berkembang dengan dibuktikan pada 31 Desember 2021 dibuka satu cabang lagi SBMI MART di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Luar Biasa Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) melalui Koperasi SBMI telah mampu membangun kewirausahaan komunitas dengan mendirikan SBMI MART. Usaha komunitas ini didirikan dari anggota, dikelola serta dikembangkan oleh anggota, dan hasilnya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Tahun lalu SBMI dengan tema JANGAN TAKUT PULANG sebagai pemberian support penguatan mental kepada anggotanya yang masih aktif bekerja di Luar Negeri dan terutama yang terdampak COVID-19 agar terus menjalin persatuan dan kesatuan di serikat dan mengembangkan minat kewirausahaannya melalui koperasi secara aktif dengan menjalankan asas kekeluargaan, dan gotong-royong. Kini 19th Ulang Tahun SBMI mempunyai tema 19th SBMI Luar Biasa, Kebangkitan Buruh Migran Indonesia

SBMI MART adalah mini market semi grosir yang merupakan salah satu unit usaha Koperasi SBMI. Usaha ini dibangun salah satunya bertujuan sebagai penciptaan pasar untuk tempat atau wadah menjual produk UMKM dari hasil karya anggota, melayani kebutuhan keseharian anggota, dan masyarakat di sekitarnya dengan harga yang relatif murah.

Luar Biasa-nya SBMI MART adalah mini market yang tidak ingin bersaing dan juga tidak ingin mematikan Warung Kelontong. Kehadiran SBMI MART justru harus memberikan dampak positif pada Warung Kelontong baik milik anggotanya maupun milik masyarakat sekitar dengan menjalin kemitraan melalui mekanisme layanan member khusus. Koperasi SBMI juga memiliki unit-unit usaha lain berbasis potensi Sumber Daya Alam, dan Sumber Daya Manusia yang ada di berbagai daerah, seperti: usaha produksi olahan makanan khas, peternakan, pertanian, budidaya ikan air tawar, percetakan, dan banyak usaha-usaha lainnya.

Luar Biasa, SBMI melalui lembaga otonom Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia, secara bersama-sama tanpa ragu berkeinginan mengubah mindset BURUH UNTUK MENJADI PENGUSAHA, yang tentu akan diikuti dengan terciptanya kemadirian ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

“Banyak PMI purna menceritakan kesedihannya karena harus pergi dari rumah ke rumah, menawarkan produk ke kantor pemerintah daerah yang dapat mereka akses. Sebagai alternatif, contoh praktik baik terkait masalah ini adalah didirikannya SBMI MART, yang menggabungkan konsep koperasi dan semi-grosir, serta mencurahkan perhatian untuk mempromosikan produk PMI. Pengalaman semacam ini dapat membuka lebih banyak peluang untuk mendukung pemerintah dalam meringankan beban social ekonomi terkait COVID-19 yang dihadapi oleh PMI yang kembali pada komunitas asalnya.” Dikutip dari Buku Ringkasan Eksekutif April 2021 SBMI, IOM dan UNDP.

Dunia terus berubah, teknologi membuat perubahan semakin cepat, dan tidak bisa dihindari. Luar Biasa SBMI telah memberikan banyak hal terutama mendorong Koperasi SBMI untuk mewujudkan tekatnya agar menjadi organisasi modern yang mampu beradaptasi dengan perubahan sehingga dapat terus tumbuh dengan sehat dan berkualitas, karena berbagai perkembangan terkini pada dunia usaha di Indonesia akhir-akhir ini memberikan pelajaran penting bagi Koperasi SBMI untuk selalu mempersiapkan diri, dan melakukan transformasi dalam menghadapi perubahan. Dorongan dan support SBMI tersebut membantu mewujudkan terlaksananya visi Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia kedepan untuk menjadi koperasi yang modern, sehat, mandiri, dan adil.

Secara bertahap dengan kemampuan yang masih terbatas Pengurus Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia akan terus memperbaiki dan meningkatkan sistem manajemen usaha, administrasi umum, administrasi keuangan, administrasi pengelolaan barang, permodalan, dan terus mencari terobosan pengembangan usaha, serta melakukan penetrasi pasar baik domestik maupun ekspor agar ke depan Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia lebih kuat dan mampu dalam berusaha untuk menyejahterakan anggotanya, karena sudah banyak bukti bahwa koperasi adalah sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang mampu bertahan dari berbagai goncangan perekonomian, dan diharapkan bisa mandiri dalam menghadapi globalisasi, mengingat tingkat kesulitan, dan persaingan usaha sekarang yang semakin ketat.

Koperasi SBMI masih membuka lebar pintu pendaftaran keanggotaan, baik untuk kawan-kawan Buruh Migran Aktif, Mantan Buruh Migran dan anggota keluarganya serta masyarakat umum. Tanpa ada keraguan melalui pengembangan keanggotaan dan menggali komitmen permodalan Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia dengan mekanisme Simpanan Pokok sebesar Rp 500.000,- per orang sekali menjadi anggota, Simpanan Wajib sebesar Rp 10.000,- per bulan setiap anggota dan Simpanan Sukarela serta modal penyertaan anggota (investasi). SBMI terus mendorong melalui peningkatan kapasitas managemen dan anggota Koperasi SBMI agar bisa merealisasikan target berdirinya 22 (dua puluh dua) SBMI MART di tahun 2022 ini di berbagai wilayah berdasarkan potensi dan kriteria assessment pengembangan usaha SBMI MART.

Mari terus kita rawat Persatuan dan Kesatuan berorganisasi di Serikat Buruh Migran Indonesia. Semoga SBMI panjang umur, semakin sukses, dan semakin eksis dalam mewujudkan cita-citanya dalam memperjuangkan kemanusiaan untuk memanusikan manusia demi terwujudnya kesejahteraan bersama, dan semoga lembaga otonomnya, yaitu Koperasi SBMI kedepan dapat terus tumbuh sehat berkesinambungan dengan senantiasa terjaganya layanan berkualitas prima kepada mitra, customer, dan anggota Koperasi SBMI, seta terciptanya kemadirian ekonomi yang dapat menyokong keberlangsungan kerja-kerja organisasi SBMI dan terciptanya kesejahteraan anggotanya yang bergabung di Koperasi SBMI.

19th SBMI Luar Biasa,

Selamat Ulang Tahun SBMI

Kebangkitan Buruh Migran Indonesia

#19thsbmiluarbiasa #IMWCORE #StopPerbudakanModerendiLaut #JusticeForWageTheft

***

Moch. Ernawan, Koord. Dept. Pemberdayaan Ekonomi DPN SBMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *