sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

JADI KETUA DPD SBMI DI WONOSOBO, KADES SUKORENO BERTEKAD BERDAYAKAN PURNA BMI

2 min read

Setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI, purna BMI Korea Selatan, Sugeng yang saat ini menjabat Kepala Desa Sukoreno Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo bertekad memberdayakan purna buruh migran.

“Teman-teman BMI purna  telah merasakan pahit getirnya menjadi buruh migran. Apalagi yang bekerjanya di sektor non formal atau non skill. Ini memprihatinkan sekali,” kata Sugeng kepada redaksi sbmi.or.id.

Menurut Sugeng, perlindungan BMI oleh negara, sejak proses awal sampai kepulangan masih banyak kekurangan.

“Bicara tentang perlindungan pemerintah terhadap BMI, mulai dari awal keberangkatan hingga kepulangan menurut kami masih kurang. Itulah salah satu dasar kami, bersama teman-teman purna BMI di Desa Sukoreno membentuk DPD SBMI,” katanya.

Sebagai Ketua DPD SBMI Sukoreno, Sugeng berharap kepada pemerintah yang selama ini sangat kurang dalam hal perlindungan agar ke depannya nanti akan lebih baik dalam menangani persoalan BMI.

Terkait program pemberdayaan, lanjut Sugeng, saat ini Pemdes Sukoreno telah menyiapkan anggaran untuk pelatihan-pelatihan dan bantuan modal usaha bagi purna BMI di Desa Sukoreno.

Setelah terbentuknya DPD SBMI Sukoreno, kata Sugeng, mulai anggaran tahun 2021 Pemdes Sukoreno telah sepakat dengan lembaga desa lainnya menyiapkan anggaran untuk pelatihan dan memberi bantuan modal usaha agar bisa  memberdayakan purna BMI di Desa Sukoreno.

“Khususnya purna BMI di Desa Sukoreno, karena kebetulan saya mendapat amanah sebagai Kepala Desa, mumpung masih punya kewenangan, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberdayakan purna BMI di Desa Sukoreno agar hidupnya lebih baik dan lebih sejahtera,” pungkas Sugeng.

Sugeng ditetapkan sebagai Ketua DPD SBMI Desa Sukoreno melalui SK DPN SBMI No 29/SK/DPN-SBMI/X/2019 tentang Pengesahan Pengurus DPD SBMI Desa Sukoreno, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo pada tanggal 25 Oktober 2019.

Adapun pengurus lengkap DPD SBMI Sukoreno, yaitu Sugeng sebagai ketua, Fitri Wahyuni sebagai sekretaris dan Nur Winarsih sebagai bendahara.

Pengurus DPD SBMI Sukoreno semuanya purna BMI. Sugeng merupakan purna BMI Korea Selatan,Fitri purna BMI Singapura, dan Nur Winarsih purna BMI Taiwan.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar Anda