SEJUMLAH MANTAN BURUH MIGRAN DI DESA GEBANG ILIR, CIREBON SEPAKAT BENTUK DPD SBMI

Didasari oleh keinginan untuk memberikan kesadaran kepada mantan buruh migran dan keluarganya tentang betapa pentingnya berserikat, sejumlah mantan Buruh Migran Indonesia (BMI) di Desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon sepakat membentuk Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI.  

Dalam musyawarah desa yang digelar di Balai Desa Gebang Ilir, Jumat (30/10), Jumroh, mantan BMI Arab Saudi terpilih sebagai Ketua DPD SBMI Gebang Ilir. Sementara Masri’ah yang pernah menjadi BMI di Taiwan selama 8 tahun terpilih sebagai sekretaris dan Warsiti, mantan BMI Arab Saudi terpilih sebagai bendahara.

Sebagai Ketua DPD terpilih, Jumroh berharap dengan terbentuknya kepengurusan SBMI di tingkat desa, aspirasi BMI dan mantan BMI di Desa Gebang Ilir bisa terakomodir dan tersalurkan ke pihak-pihak terkait.

“Dengan berserikat, BMI mempunyai wadah untuk menyuarakan hak dan  menuntut perlindungan kepada negara termasuk di antaranya negara juga harus hadir dalam memberikan pemberdayaan kepada purna BMI dan  keluarganya sesuai dengan amanat Pasal 42 UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang PPMI,” kata Jumroh.

Sementara Ketua DPC SBMI Cirebon, Nurakhman Normandika mengatakan, selain DPD SBMI Gebang Ilir, saat ini di Kabupaten Cirebon juga telah terbentuk  DPD SBMI di Desa Gembongan, Kecamatan Babakan.

Nurakhman berharap, dengan terbentuknya DPD SBMI Gebang Ilir dan DPD SBMI Gembongan, desa-desa lain di Kabupaten Cirebon bisa membentuk DPD.

“Jika semua desa di Kabupaten Cirebon terbentuk kepengurusan SBMI, buruh migran, mantan buruh migran dan anggota keluarganya di setiap desa punya wadah dalam berorganisasi sehingga purna BMI benar-benar mendapat perhatian pemerintah di tingkat desa dan berdaya guna serta sejahtera,” harap Nurakhman.

 

Tinggalkan Komentar Anda