sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Berhasil Kawal Pemulangan BMI Asal Blitar yang 11 Tahun di Arab Saudi Tidak Bisa Pulang

2 min read
SBMI Berhasil Kawal Pemulangan BMI Asal Blitar yang 11 Tahun di Arab Saudi Tidak Bisa Pulang

SBMI Berhasil Kawal Pemulangan BMI Asal Blitar yang 11 Tahun di Arab Saudi Tidak Bisa Pulang

Tim Advokasi Dewan Pimpinan Nasional Serikat Buruh Migran Indonesia (DPN SBMI) berhasil mengawal proses pemulangan Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Blitar, Jawa Timur yang tertahan tidak diperbolehkan pulang oleh majikannya selama 11 tahun lebih saat bekerja di Arab Saudi sejak Januari 2011.

Menurut Koordinator Departemen Advokasi DPN SBMI, Juwarih, BMI bernama Siti Kholifah (54) telah tiba di Indonesia pada Senin 19/9/2022.

“Alhamdulillah, BMI bernama Siti Kholifah (54) asal Blitar, Jawa Timur yang 11 tahun  tidak bisa pulang karena ditahan majikannya, akhirnya hari ini tiba di Indonesia,” ungkap Juwarih.

Juwarih menjelaskan, Siti Kholifah ditahan kepulangannya oleh majikan karena dianggap sebagai bagian dari keluarganya. Anak-anak majikan beserta keluarganya merasa sangat sayang dan cocok sehingga tidak merelakan Siti Kholifah untuk pulang ke Indonesia. Padahal, pihak keluarga sudah sangat menantikan kepulangan Siti Kholifah.

Baca juga: SBMI Berhasil Fasilitasi Pemulangan PMI Unprosedural dari Arab Saudi

Berdasarkan kronologi pengaduan kasus yang dicatat SBMI, pada April 2022, pihak keluarga membuat pengaduan ke SBMI untuk membantu kepulangan Siti Kholifah ke Indonesia dan pemenuhan hak-hak yang masih belum dipenuhi oleh majikan.

Setelah mendapat pengaduan dari pihak keluarga, SBMI kemudian mengirim surat ke KBRI Riyadh dengan tembusan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan, dan BP2MI untuk pemulangan Siti Kholifah ke kampung halamannya dengan membawa hak-haknya selama bekerja di Arab Saudi.

SBMI juga membangun komunikasi secara langsung dengan majikan agar Siti Kholifah segera dipulangkan. Apabila majikan tidak mau memulangkan atau mengulur-ulur waktu kepulangan, SBMI akan melaporkan kepada Kementerian Tenaga Kerja Arab Saudi. Pihak majikan pada akhirnya bersedia memulangkan dan memenuhi hak-hak Siti Kholifah. Pada hari Senin (19/9) siang, Siti Kholifah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan dijemput oleh Tim Advokasi DPN SBMI bersama pihak keluarga.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *