sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekretaris DPC SBMI Jember, Enik Setyanah

2 min read

Profile Sekretaris DPC SBMI Jember, Enik Setyanah

Enik Setyanah adalah Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Jember periode 2021 – 2025. Ia terpilih sebagai Sekretaris SBMI DPC Jember melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang dilaksanakan di Gedung Disnaker Jember pada Februari 2021.

Enik merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah dua kali bekerja di negara Arab Saudi selama dua tahun dan enam tahun. Pertama dari tahun 1998 – 2000 dan yang kedua kalinya dari tahun 2009 – 2015.

Enik Setyanah adalah anak keempat dari lima  bersaudara yang lahir pada 8 Juni 1973 di Dusun Curahrejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember dari pasangan Hj Kasemiati dan H.Mahmud Sholeh dan mereka sudah almarhum . Ibundanya asli Jember, sedangkan Bapaknya berasal dari Mojokerto.

Istri dari Kusnan Hadi ini mempunyai tiga anak laki-laki dan sudah empunyai seorang cucu laki-laki juga. Di desanya, Enik dikenal sebagai seorang sosok relawan karena hobinya yang suka menolong orang susah.

Bagi Enik Setyanah, dengan terpilih menjadi Sekretaris DPC SBMI Jember dirinya mempunyai wadah organisasi dan jembatan dalam menangani kasus-kasus buruh migran yang selama ini sering ia lakukan, bahkan sampai harus menjemput warga Jember ke luar Jawa seperti yang ia lakukan sebelum masuk SBMI.

Selain aktif di SBMI, saat ini Enik juga menjabat sebagai Bendahara di Kamilah Wisata Muslim Jember Selatan.

Enik Setyanah merupakan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), sehingga meskipun  tidak mendapat gaji  Enik tetap merasa senang. Enik juga menjadi Moderator PSM di desanya, serta pernah berprestasi sebagai Koordinator Satgas Duafa tahun 2020.

Dalam beraktivitas sosial, Enik tidak pernah mengeluh. Apa pun akan dilakukan demi hobinya menolong orang karena di jiwa Enik sudah tertanam motto dari almarhum orang tuanya yaitu, “ojo leren dadi wong apik” yang kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia artinya, “jangan berhenti menjadi orang baik”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *