sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Wakil Ketua  DPC SBMI Lumajang, Mochamad Dhiharuz Zawaid (Waid)

1 min read

Mochamad Dhiharuz Zawaid yang akrab dipanggil Waid adalah Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  Waid ditunjuk sebagai Wakil Ketua oleh Madiono selaku Ketua DPC SBMI Lumajang atas kesepakatan dengan Sekretaris dan Bendahara. Waid diminta untuk membantu program-progam kerja dan kegiatan DPC SBMI Lumajang.

Waid merupakan keluarga Buruh Migran Indonesia (BMI). Saudaranya bekerja ke negara Jepang yang berangkat tahun 2019 sampai sekarang.

Laki-laki kelahiran Lumajang  pada 4 Oktober 1999 ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Waid menempuh pendidikan terakhir di Pertuguruan Tinggi di Universitas Lumajang (Unilu) Fakulatas Pertanian Jurusan Agribisnis lulusan 2022. Di Unilu, Waid menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2021-2022 dan menjabat sebagai Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Himpunan Mahasiswa Agribisnis se-Kabupaten Lumajang periode tahun 2018-2020.

Selama mengabdi di SBMI, Waid bersama Pengurus DPC SBMI Lumajang lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya. Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya.

Selain mengabdi di SBMI, Waid juga menjadi Wakil Ketua Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang periode 2022-2023.

Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *