sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Lumajang Salurkan Bantuan Untuk Korban Lahar Semeru

1 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Lumajang menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana Lahar Gunung Semeru. Bantuan itu disalurkan ke tempat pengungsian di Dusun Tulungrejo Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe pada Minggu (9/7/2023).

Ketua Cabang SBMI Lumajang Madiono mengatakan penyerahan bantuan dilakukan oleh pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SBMI Lumajang dan pengurus harian Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) SBMI Tempeh. Bantuan yang disalurkan merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan SBMI Lumajang untuk membantu korban yang terdampak.

Donatur rata-rata dari para anggota SBMI baik yang di dalam negeri maupun yang masih bekerja di luar negeri sebagai buruh migran aktif. Donasi juga dari buruh migran aktif yang belum menjadi anggota SBMI. Mereka dari negara penempatan Arab Saudi, Taiwan dan Hong Kong. Penggalangan dana dilakukan melalui transfer via bank.

Madiono menjelaskan jika penyerahan bantuan untuk pengungsi berupa uang tunai kepada 41 kepala keluarga. Mereka membutuhkan uang untuk membeli lauk pauk dan gas buat masak serta buat membeli jajan anak-anaknya. Tak terasa menetes air mata teman-teman pengurus ketika melihat kondisi anak-anak mereka,” kata Madiono.


“Saya dan para korban lainnya mengucapkan banyak terima kasih kepada para buruh migran yang sudah memberikan sumbangan kepada kami yang sedang tertimpa musibah, semoga amal baiknya diganjar oleh Allah SWT dengan ganjaran yang lebih baik,” kata Ibu Yuli salah seorang penerima bantuan.

Sebelumnya, pada tanggal 7 Juli 2023 lahar dingin mengalir ke pemukiman warga akibat hujan selama seminggu di atas Gunung Semeru selama 7 hari berturut-turut. Lahar dingin dan tanah longsor menimpa 5 kecamatan yaitu: Candipuro, Pasrujambe, Pasirian, Tempursari dan Pronojiwo.

Views: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *