sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI BANYUWANGI DAN IKATAN KASIH MALAYSIA SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN ERUPSI SEMERU

2 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banyuwangi bekerja sama dengan Aliansi Ikatan Kasih Malaysia (AIKM) menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di lima titik pengungsian, Senin (13/12/2021).

Menurut Koim, salah satu relawan dari SBMI, bantuan yang disalurkan merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan SBMI Banyuwangi bekerja sama dengan beberapa organisasi, komunitas dan paguyuban masyarakat Indonesia di Malaysia yang tergabung dalam  Aliansi Ikatan Kasih Malaysia (AIKM).

Adapun organisasi dan komunitas tersebut, yaitu Langkah Organisasi Gendeng (LANGGENG), Komunitas Anak Rantau, Komunitas Mancing Mania Malaysia, Komunitas Arek Banyuwangi (ARBA), Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI) Malaysia, dan Paguyuban Ikatan Kasih (PIK) Malaysia. Selain itu, juga ada beberapa donatur independen dari BMI di Malaysia.

Total donasi yang terkumpul sebesar Rp 11.050.000. Penyaluran bantuan di lima titik pengungsian warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru dibantu juga oleh DPC SBMI Lumajang.

[titik pengungsian pertama]

Titik pengungsian pertama di Desa Sumberwuluh. Pengungsi berasal dari Dusun Bondeli Utara, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Penerima bantuan berjumlah 14 KK.

[titik pengungsian kedua]

Titik pengungsian kedua di Desa Padang, Kecamatan Padang. Pengungsi berasal dari Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang,  Kecamatan Pronojiwo. Penerima bantuan berjumlah 5 KK.

[titik pengungsian ketiga]

Titik pengungsian ketiga di Balai Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro. Berasal dari Dusun Curahkobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo. Jumlah penerima bantuan 5 KK.

[titik pengungsian keempat]

Titik pengungsian keempat di Dusun Kalipancing, Desa Lempeni, Kecamatan  Tempeh. Pengungsi berasal dari Dusun Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Penerima bantuan berjumlah 9 KK. Di lokasi ini, warga sempat menunjukkan video rumah mereka yang terkena erupsi Gunung Semeru.

[titik pengungsian kelima]

Titik pengungsian ke 5 di Balai Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh. Para pengungsi berasal dari Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Penerima bantuan sebanyak terdapat 24 KK.

Ketua SBMI DPC Banyuwangi, Agung Subastian mengucapkan terima kasih kepada para donatur dari komunitas, paguyuban, dan organisasi yang  peduli kepada korban erupsi Gunung Semeru.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan semua teman-teman yang tergabung dalam Aliansi Ikatan Kasih Malaysia (AIKM). Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan sedikit beban para korban erupsi,” kata Agung Subastian.

Hits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *