sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

REFLEKSI 19 TAHUN SBMI, SUKA DUKA BERGABUNG DENGAN SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA

2 min read

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SBMI Kabupaten Lumajang  sebelum tahun 2019 mengalami kevakuman.

Sekitar bulan November 2018, saya (Madiono) ditelepon Pak Dwi Wismo Wardono, spd, SH, MH. Beliau mengajak untuk mengaktifkan DPC SBMI Lumajang. Saya langsung setuju dan saya langsung menghubungi Mas Achmad Zakky Qhufron, SH.

Untuk selanjutnya kami bertiga melakukan Musyawarah di Cafe Mas Qhufron membahas langkah selanjutnya. Kami menghubungi teman-teman anggota DPC SBMI Lumajang sebelumnya dan teman-teman yang lain yang mau bergabung dengan DPC SBMI Lumajang yang terdiri dari mantan dan keluarga Buruh Migran serta para aktivis yang peduli terhadap Buruh Migran.

Pada bulan Desember2018, kami melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) di gedung Disnaker Kabupaten Lumajang dan terbentuklah kepengurusan DPC SBMI Lumajang dengan terpilihnya Pak Dwi Wismo Wardono, Spd, SH, MH sebagai ketua, saya sebagai wakil ketua, Mas Qhufron sebagai sekretaris dan Mas Yohan sebagai bendahara.

Di bawah kepemimpinan Pak Dwi Wismo, DPC SBMI Lumajang mengalami kemajuan. Pendampingan terhadap Buruh Migran Indonesia yang mengalami kendala dan kasus terus dilakukan seperti kasus BMI meninggal dan BMI sakit di negara tempat bekerja dan keluarga tidak punya biaya untuk memulangkannya dan berbagai kasus lainnya.

Dalam melakukan pendampingan kasus BMI meninggal dan BMI sakit, DPC SBMI Lumajang berkoordinasi dengan  DPLN SBMI, Pemerintah dan NGO lain yang ada di negara penempatan untuk membiayai dan mengurus kepulangannya.

DPC SBMI Lumajang juga berhasil membentuk 1 Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) SBMI dan Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI di 7 desa.

Pada 7 Februari 2022 yang lalu, DPC SBMI Kabupaten Lumajang telah menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) dengan agenda pemilihan pengurus baru dan saya mendapat amanah sebagai Ketua DPC SBMI Lumajang periode 2022-2026, bersama Mas Achmad Zakky Qhufron, SH sebagai Sekretaris.

Di usia yang ke-19tahun, semoga SBMI semakin maju, kompak dan solid dalam menjalankan visi-misi, demi terwujudnya harkat, martabat dan kesejahteraan yang berkeadilan gender bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) dan keluarganya.

Selamat Ulang Tahun SBMI

19th SBMI Luar Biasa, Kebangkitan Buruh Migran Indonesia

#19thsbmiluarbiasa #IMWCORE #StopPerbudakanModerendiLaut #JusticeForWageTheft

***

Madiono, Ketua DPC SBMI Lumajang

Hits: 32

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *