sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekretaris DPC SBMI Cirebon, Abdul Rokhman

2 min read

Abdul Rokhman adalah Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat periode 2020 – 2024.

Abdul Rokhman terpilih sebagai Sekretaris DPC SBMI Cirebon secara voting pada Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) yang diadakan di Tempat Santai Bareng (TSB) Desa Leuweunggajah, Kecamatan Ciledug pada hari Minggu, 18 Oktober 2020.

Rokhman merupakan keluarga Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah menjadi calon BMI yang menjadi korban penipuan. Ketika mendaftar sebagai calon BMI ke negara penempatan Arab Saudi, Rokhman telah melalui proses penampungan di salah satu PT di Jakarta Selatan. Akan tetapi, setelah ditampung selama 6 bulan, Rokhman tidak kunjung diberangkatkan ke Arab Saudi. Dengan kejadian itu, Rokhman merasa ditipu oleh oknum PT dan memutuskan mengabdikan dirinya untuk menjadi aktivis buruh migran dengan bergabung SBMI.

Laki-laki yang lahir di Cirebon pada 8 Agustus 1977 ini merupakan anak kedelapan dari delapan bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri bernama Moh. Romadlon (bapak) dan Syahiroh (ibu). Rokhman menikah dengan Laeli Ulfah pada tahun 2004 dan saat ini telah dikaruniai tiga anak.

Rokhman tamat Sekolah Dasar SD Negeri Gebang Ilir 01 tahun 1990 kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah  (MTS) MQ Teuireng Jombang lulus 1993, Sekolah Madrasah Aliyah Tebuireng lulus tahun1996 dan Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon (STAIC) lulus tahun 2015.

Selain mengabdi di SBMI, Rokhman juga aktif berkegiatan terkait isu sosial dan kemanusiaan di organisasi MWC NU Gebang, Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak Sumber Kasih Sayang Kabupaten Cirebon dan juga sebagai Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Al Muflihin Gebang.

Selama mengabdi di SBMI, Rokhman bersama pengurus DPC SBMI Cirebon lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya. Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan.

SBMI Cirebon  juga aktif memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kabupaten Cirebon dan sekitarnya mengenai tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur, serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya.

Visits: 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *