sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Sekretaris 2 SBMI Lumajang, Aniyatul Afifah

1 min read

Aniyatul Afifah

Aniyatul Afifah yang biasa dipanggil Afifah adalah Sekretaris 2 Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Kabupaten Lumajang (DPC SBMI) Lumajang. Ia ditunjuk sebagai Sekretaris 2 oleh Madiono selaku Ketua DPC SBMI Lumajang atas kesepakatan dengan Sekretaris 1 dan Bendahara untuk membantu Sekretaris 1 seorang lawyer yang waktunya tidak banyak.

Perempuan kelahiran Lumajang  pada 19 Oktober 1999 ini merupakan anak tunggal yang dilahirkan oleh pasangan suami istri yang bernama Zainul Arifin (bapak) dan Andayani (ibu). 

Selama mengabdi di SBMI Lumajang, Afifah ikut serta melakukan pendampingan terhadap Buruh Migran Indonesia (BMI) yang mengalami permasalahan di negara penempatan, seperti memulangkan BMI yang sakit dan meninggal dunia.

Bersama pengurus SBMI Luamajang lainnya, Afifah juga ikut memperjuangkan hak dan keadilan BMI, mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi  purna BMI dan anggota keluarganya, serta mengkampanyekan migrasi aman.

Aniyatul Afifah tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2018. Waktu SMA, Afifah menjabat sebagai Ketua OSIS dan ikut kegiatan Pramuka.

Pada tahun 2018, Afifah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi  yaitu masuk Universitas Lumajang mengambil Fakultas Hukum dan menjabat sebagai Bendahara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) masa bhakti 2020-2022.

Selain bergabung di SBMI Afifah juga ikut bergabung dg organisasi Liga Mahasiswa Partai Nasdem dan menjabat sebagai Bendahara masa bhakti 2021-2022.

Afifah berharap kepada pemerintah agar tidak memandang sebelah mata apalagi menutup mata dan menjadikan isu Buruh Migran sebagai isu paling belakang. Pemerintah wajib lebih peduli kepada semua BMI, mantan BMI dan anggota keluarganya dari segala aspek karena BMI adalah penghasil devisa terbesar kedua setelah migas, sehingga sering disebut sebagai Pahlawan Devisa.

Views: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *