sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua SBMI Malaysia, Ridwan Ismail

2 min read

Profil Ketua SBMI Malaysia, Ridwan Ismail

Ridwan Ismail adalah Ketua Dewan Perwakilan Luar Negeri Serikat Buruh Migran Indonesia (DPLN SBMI) Malaysia selama dua periode sejak tahun 2020. 

Ridwan terpilih sebagai Ketua DPLN SBMI Malaysia periode pertama tahun 2020 – 2022 melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 16 Agustus 2020. Selanjutnya, pada Muswil kedua yang diadakan di Hotel Adamson, Kuala Lumpur pada 22 Juli 2022, ia kembali terpilih sebagai Ketua DPLN untuk periode kedua tahun 2022-2024. 

Ridwan yang lahir pada 17 Juli 1974 di Desa Dahari Indah, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, merupakan anak pertama dari pasangan Ismail Efendi (ayah )dan Saridatul (ibu). Kedua orang tuanya bekerja sebagai wiraswasta.

Ridwan yang bekerja di Malaysia sejak tahun 1992 pernah mencoba bermacam-macam pekerjaan, tetapi akhirnya ia menekuni pekerjaan dan bekerja di sebuah perusahaan kelistrikan  (syarikat elektrical). 

Pada tahun 1997 di Malaysia Ridwan bertemu jodoh dengan seorang gadis asal Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini, ia telah dikaruniai dua orang putra yang sudah beranjak dewasa.  Anak pertamanya saat ini sedang kuliah di Universitas Indonesia (UI) semester 6, sedangkan anak kedua sudah duduk di bangku kelas 2 SMU. 

Pada tahun 2008, Ridwan pulang dari Malaysia dan mencoba membuka usaha Toko Busana dan penyalur buah buahan di Pasar Induk Wonosobo, tanah kelahiran istrinya.  

Usahanya  sudah mulai membuahkan hasil. Namun, tragedi kebakaran  Pasar Induk Wonosobo pada tahun 2014, membuat Ridwan kehilangan usaha  yang telah ia tekuni bersama sang istri. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk bekerja kembali ke Malaysia hingga saat ini.

Di Malaysia, selain aktif di SBMI, Ridwan juga aktif di organisasi keagamaan dengan menjadi salah satu pengurus Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Malaysia periode 2022-2026 di Divisi Pendidikan dan Kaderisasi. Saat ini, Ridwan juga menjadi salah satu pengurus aktif di Aliansi Organisasi Masyarakat Indonesia (AOMI). 

Beberapa  organisasi yang pernah diikuti Ridwan di Malaysia di antaranya, yaitu  pada tahun 2018 sebagai relawan Tim Pemenangan  salah satu pasangan calon presiden RI. Pada tahun 2019- 2020 menjadi tim Divisi Pemuda dan Olah Raga di organisasi Persatuan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI).  

Pada tahun 2020- 2021 menjadi  Penasihat Himpunan Keluarga Batubara (HIKABARA) dan pada 2020- 2021 sebagai divisi advokasi dan hukum di organisasi Himpunan Masyarakat Sumatera Utara (HIMASU). 

Selama berkiprah di SBMI Malaysia, Ridwan Ismail telah banyak membantu dan memperjuangkan hak-hak PMI yang dieksploitasi oleh  majikan, seperti PMI yang gajinya tidak dibayar serta hak lain yang tidak terpenuhi.

Bersama pengurus dan anggota SBM Malaysia dan  ormas-ormas yang tergabung di AOMI bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur, Ridwan  juga aktif  menyalurkan bantuan logistik kepada PMI saat pandemi COVID-19.  

Ridwan juga aktif memberikan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas para PMI agar berani bersuara dalam memperjuangkan hak mereka.

Setelah purna PMI, Ridwan bercita-cita bisa mempunyai usaha yang bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat secara luas.

Ridwan berharap kepada semua pekerja migran di mana pun berada agar bekerja dengan baik dan bisa mengelola keuangan dengan benar agar sukses saat kembali ke Tanah Air.

Visits: 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *