sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPD SBMI Desa Brongkal, Husnati

2 min read

Profil Ketua DPD SBMI Desa Brongkal, Husnati

Husnati yang akrab dipanggil Bu Husna adalah Ketua Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI) Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang periode 2020-2024.

Selain sebagai Ketua DPD SBMI Desa Brongkal, Husna juga menjadi pengurus DPC SBMI  Malang sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Pemberdayaan Ekonomi berdasarkan Musyawarah Cabang (Muscab) SBMI Malang pada tahun  2021. Sebelumnya, di SBMI Malang Husna sempat menjadi  Kadiv Pendidikan dan Pelatihan.

Husna adalah Purna BMI yang pernah bekerja di Hong Kong dari tahun 1992-1999. Sepulang dari Hong Kong, pada tahun 2000 ia membuka usaha konveksi dan aneka kerajinan bermerek HUSNA COLLECTION. Usaha ini menjadi satu sumber penghasilan Husna untuk kebutuhan sehari-hari. 

Perempuan yang lahir di Malang pada 7 Agustus 1974 ini  merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Sali’an (bapak) dan Samini (ibu/almarhumah).

Seain aktif di SBMI, Husna juga aktif di PKK Desa dan Kecamatan Pagelaran sebagai ketua Pokja 2. Selain itu, Husna juga aktif sebagai pengurus beberapa organisasi di Desa Brongkal seperti PNPM dan Kopwan. 

Husna memiliki suami yang berdarah seni, terbukti dengan berbagai macam karya lukisan, Topeng Malangan, dan beberapa kerajinan lainnya.  

Seiring dengan berjalannya waktu, usaha Husna gulung tikar karena minimnya ilmu dalam mengelola usaha. Akhirnya, pada  tahun 2013 ia memutuskan untuk bekerja kembali menjadi BMI di Hong Kong hingga tahun 2016.

Ketika menjadi BMI di Hong Kong, Husna sering mengikuti kegiatan yang diadakan oleh organisasi-organisasi yang ada di Hong Kong. Pada tahun 2015, Husna berhasil memenangkan lomba Pernak Pernik Daur Ulang sebagai juara 1 yang diselenggarakan oleh IMWU Hong Kong.

Kemampuan berkarya Husna dipelajari secara otodidak dan dikembangkan dengan mencari inspirasi di mana pun berada. Kreatif, berbakat dan peduli kepada yang membutuhkan adalah pondasi kekuatannya. Keputusannya bergabung dengan SBMI  juga didasari niat ingin membantu sesama purna  BMI, khususnya purna BMI asal Desa Brongkal. 

Husna juga memiliki usaha lain yang berdiri pada tahun 2019, yaitu usaha aneka keripik, seperti keripik gaplek, pepaya krispi, dan pare krispi. Usaha Husna ini sudah memiliki legalitas lengkap dan sudah bisa mengisi  berbagai pusat oleh-oleh di wilayah Kota dan Kabupaten Malang.

Selama mengabdi di DPD SBMI Brongkal, Husna mengajak anggota SBMI untuk membuka usaha sesuai bakat dan kemampuan masing-masing. Ia juga mengkoordinir anggotanya untuk mendapatkan legalitas usaha dengan bekerja sama dengan dinas terkait. 

Husna juga selalu berusaha mengikutsertakan anggota DPD SBMI Brongkal di berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, dan Dinas  Perindustrian dan Perdagangan.

Hal tersebut merupakan  upaya untuk peningkatan dan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya demi mendapatkan kesejahteraan yang layak dan agar bisa menciptakan lapangan kerja baru sesuai bakat masing-masing.

Impian terbesar Husna ingin mempunyai galeri yang bisa menampung dan memasarkan hasil karya dari anggota DPD SBMI  Brongkal khususnya dan semua purna BMI serta masyarakat  se-Kecamatan Pagelaran.

Husna juga punya impian dan PR yang tidak kalah pentingnya yaitu mengembangkan dan mendirikan Koperasi SBMI  dengan mendirikan unit usaha minimarket SBMI Mart seperti yang sudah berdiri di Kecamatan Ngantang dan Wonosari. 

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *