sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPC SBMI Lumajang, Madiono

2 min read

MADIONO

Madiono adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Lumajang periode 2022-2026. Ia terpilih sebagai Ketua DPC SBMI Lumajang secara aklamasi pada Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Cafe Jerman, Kebonsari, Lumajang pada hari Senin, 7 Februari 2022. Sebelumnya, Madiono merupakan Wakil Ketua DPC SBMI Lumajang periode 2019-2022.

Madiono merupakan pria kelahiran Lumajang, Jawa Timur pada 12 Februari 1978. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri bernama Jimurti (bapak) dan Nisah (ibu). Adiknya seorang wanita kelahiran 1980 bernama Masirah. Bapaknya meninggal waktu ia duduk kelas 2 SMP dan ibunya meninggal waktu ia duduk di kelas 2 SMA. Hingga saat ini, status Madiono masih lajang.

Madiono tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1996. Pada tahun 2019, Madiono melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Lumajang dan saat ini sedang menempuh perkuliahan di semester tujuh.

Selain mengabdi di SBMI, Madiono aktif berkegiatan terkait isu sosial kemanusiaan dan lingkungan. Madiono juga berkhidmat di Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yaitu di Lembaga Penyuluh dan Bantuan Hukum (LPBH) NU Lumajang Divisi Nonlitigasi dan Mediasi.

Madiono juga berprofesi sebagai Mediator Non Hakim bersertifikat. Sertifikat Mediator tersebut ia dapat dari pelatihan dan pendidikan Mediator Non Hakim di Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Mediasi, The Center for Continuing Legal Education Fakultas Hukum Universitas Indonesia (CLE FHUI) pada tahun 2019.  Aktivitas sehari-harinya, Madiono juga menjadi salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu menjual madu.

Selama mengabdi di SBMI, Madiono bersama pengurus DPC SBMI Lumajang lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya. Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan.

SBMI Lumajang di bawah kepemimpinan Madiono juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kabupaten Lumajang mengenai tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur, serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi  purna BMI dan anggota keluarganya.

Views: 9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *