sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPC SBMI Lampung Barat, Ida Farida

2 min read

Profil Ketua DPC SBMI lampung Barat, Ida Farida

Ida Farida adalah Ketua DPC SBMI Lampung-Barat periode 2021 – 2025 yang terpilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang diselenggarakan di rumah salah satu purna BMI Malaysia di Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat pada Oktober 2021.

Perempuan yang lahir dan dibesarkan di Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya pada 11 November ini merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di negara Malaysia selama dua tahun dari tahun 2018 s/d 2020.

Ketika di penampungan, sebelum keberangkatannya ke Malaysia, Ida Farida terpilih dari PT-nya untuk mengikuti Pelatihan Penguatan Mental bagi calon pekerja migran perempuan yang salah satu pematerinya adalah Ketua Umum SBMI, Hariyanto Suwarno.

Dari sanalah ia mulai mengenal SBMI. Keraguannya akan masa yang akan dihadapi di perantauan membuatnya mencari tahu lebih banyak tentang organisasi buruh migran.

Dari perkenalannya dengan SBMI dan bincang-bincang ringan dengan sang Ketua Umum, Ida mendapat saran sebelum berangkat ke Malaysia agar mencari tahu dan bisa terhubung dengan orang atau organisasi yang perduli terhadap buruh migran.

Atas saran dari Ketua Umum SBMI, sesampainya di Malaysia Ida berhasil terhubung dengan NGO dan komunitas Buruh Migran Indonesia di Kuala Lumpur.

Sekembalinya dari Malaysia, Ida Farida melanjutkan kepedulian dan ketertarikannya akan organisasi yang memperjuangkan nasib buruh migran dan memutuskan untuk bergabung dengan SBMI hingga terpilih menjadi Ketua DPC SBMI Lampung Barat.

Meskipun di Lampung Barat, SBMI belum banyak dikenal oleh masyarakat, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk bisa berbuat demi sesama.

Belum banyak yang bisa dilakukan oleh Ida Farida selama menjadi Ketua SBMI Lampung Barat. Namun, ia pernah menangani satu kasus hilang kontak seorang buruh migran asal Kecamatan Sumberjaya. Atas kerjasama dengan NGO yang ada di Kuala Lumpur, kasus itu bisa teratasi dengan baik dan saat ini  BMI tersebut sudah kembali.

Dengan semangat ingin berbuat untuk sesama dan juga dukungan dari orang-orang yang mempunyai kepedulian yang sama, Ida Farida beserta pengurus DPC SBMI Lampung Barat yang baru terbentuk mulai sedikit melangkah untuk mengenalkan SBMI kepada masyarakat di Sumberjaya khususnya dan Lampung Barat umumnya.

Ida menempuh pendidikan TK, SD, SMP di Sumberjaya dan SLTA di Kotabumi, Lampung Utara.

Selain aktif di SBMI, Ida juga aktif sebagai salah satu perempuan Tim Penggerak PKK di Pekon Sukapura dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua TP-PKK.

Aktivitasnya sebagai kader PKK telah menorehkan beberapa prestasi di antaranya Juara 1 lomba senam se-Kecamatan Sumberjaya dua tahun berturut-turut. Juara 1 lomba Paduan Suara Mars Lampung-Barat dan juara 2 lomba cerdas cermat kader PKK se-Kecamatan Sumberjaya.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *