sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Bendahara Koperasi SBMI Cabang Wonosobo, Fitri Wahyuni

2 min read

Fitri Wahyuni

Fitri Wahyuni adalah Bendahara Koperasi SBMI Cabang Wonosobo periode tahun 2022-2027. Fitri terpilih sebagai Bendahara  berdasarkan kesepakatan pengurus Koperasi SBMI Cabang Wonosobo pada September 2022.

Sebelum terpilih menjadi Bendahara Koperasi SBMI Cabang Wonosobo, Fitri merupakan salah satu pengurus Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI Desa Sukoreno, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo.

Fitri merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di negara Singapura selama 6 tahun. Ia pulang ke Tanah Air pada bulan September 2019.

Pada bulan Oktober 2019, Fitri langsung bergabung dengan DPD SBMI Sukoreno. Namun, karena pada awal tahun 2020 terjadi wabah Covid-19, DPD SBMI Sukoreno belum bisa melakukan kegiatan apa-apa. Fitri kemudian berinisiatif mengkoordinir para pengurus dan anggota DPD SBMI Sukoreno untuk membuka Koperasi Sembako dan Simpan Pinjam sebagai kegiatan rutin bulanan DPD SBMI Sukoreno dan koperasi ini masih berjalan lancar sampai sekarang.

Perempuan kelahiran Wonosobo 19 Juni 1987 ini merupakan anak kedua dari dua bersaudara yang terlahir dari pasangan suami istri, Suwito (bapak) dan Komsiyah (ibu). Bapaknya telah meninggal dunia saat Fitri masih duduk di bangku SLTP kelas 1. Sementara kakak laki-lakinya, Andi Supriyadi sudah menikah dan mempunyai satu putra. Fitri menikah pada tahun 2016 dengan Siyamto, seorang laki-laki kelahiran Wonosobo 22 Mei 1987.

Fitri pernah mengikuti Program AKSES, yaitu Program Asistensi Pengembangan Kapasitas Paralegal yang diadakan oleh SBMI bekerja sama dengan Justice Without Border (JWB) selama 1 tahun.

Keinginan belajar yang kuat dan semangatnya yang tinggi, menjadikan Fitri  terpilih sebagai Mentee Terbaik (peserta pelatihan terbaik) dari Program AKSES periode 2021-2022.

Saat ini Fitri Wahyuni sedang fokus dengan pendirian dan pengembangan SBMI Mart yang berada di Kaliwiro, Wonosobo. SBMI Mart merupakan badan usaha berupa mini market semi grosir yang berada di bawah naungan Kopersi SBMI.

Sebagai Bendahara Koperasi SBMI Cabang Wonosobo, Fitri berharap dengan berdirinya SBMI Mart di Kaliwiro dapat meningkatkan dan memberdayakan  ekonomi masyarakat, khususnya para purna BMI dan anggota keluarganya.

Views: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *