sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Bendahara DPD SBMI Sarikemuning Lumajang, Resek Qomariah (Mbak Resek)

1 min read

Resek Qomariah yang biasa dipanggil Mbak Resek adalah Bendahara Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI) Sarikemuning Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masa bakti 21 September 2020 – 21 September 2024. Ia terpilih sebagai Bendahara secara aklamasi pada Musyawarah Desa (Musdes) DPD SBMI Sarikemuning yang diadakan di Desa Sarikemuning pada tanggal 21 September 2020.

Mbak Resek adalah purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di Malaysia selama tujuh tahun. Dengan cita-cita ingin mengubah nasib keluarganya, dia berangkat bekerja ke negara Malaysia pada tahun 2003 dengan calling visa dan pulang tahun 2010.

Sepulang dari bekerja di Malaysia, Mbak Resek membuka usaha kecil-kecilan yaitu berjualan makanan ringan dan menyewakan Sound System beserta peralatan hajatan.

Mbak Resek lahir di Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro pada tanggal 15 Maret 1978 sebagai anak ketiga dari empat bersauadara dan Mbak Resek telah dikaruniai 4 anak. Pendidikan Mbak Resek sebatas lulusan Sekolah Dasar.

Mbak Resek tertarik untuk begabung dengan SBMI karena sebagai purna BMI dia ingin ikut berpartisipasi dalam membantu berbagai persoalan yang dialami BMI, khususnya BMI yang berasal dari Desa Sarikemuning dan sekitarnya.

Selama mengabdi di SBMI, Mbak Resek bersama Pengurus DPC SBMI Lumajang dan pengurus DPD SBMI Sarikemuning lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI). Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan, serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi purna BMI dan anggota keluarganya.

Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *