sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profi Ketua DPC SBMI Pontianak, Martin Lipho

1 min read

Martin Lipho adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kota Pontianak, Kalimantan Barat  periode 2019-2023. Ia terpilih sebagai Ketua DPC SBMI Pontianak secara aklamasi pada Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan di Pontianak pada 21 Oktober 2019.

Martin Lipho merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di Taiwan selama 8 tahun, dari tahun 1996  sampai dengan tahun 2004.

Martin Lipho yang lahir di Pontianak pada tgl 27 April 1976 ini merupakan anak kedua dari empat bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan suami istri bernama Budioyono (bapak) dan Goi Jhioe Ngo (ibu).

Martin tamat Sekolah Dasar (SD) tahun 1990 kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) lulus tahun 1993 dan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1996. Ia kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Terbuka.

Selain mengabdi di SBMI, Martin juga aktif berkegiatan terkait isu sosial dan kemanusiaan di organisasi Beloved.

Selama mengabdi di SBMI, Martin  bersama pengurus DPC SBMI Pontianak  lainnya aktif memperjuangkan hak dan keadilan Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya. Seperti melakukan pendampingan kepada BMI yang bermasalah dan korban penempatan nonprosedural, baik yang sakit maupun yang meninggal dunia di negara penempatan.

SBMI Pontianak di bawah kepemimpinan Martin juga aktif memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kabupaten Lampung Selatan dan sekitarnya mengenai tata cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur, serta mengupayakan pemberdayaan ekonomi bagi  purna BMI dan anggota keluarganya.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *