sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

KOLABORASI DENGAN BAZNAS, SBMI LAMPUNG ANTARKAN JENAZAH PMI MALAYSIA ASAL LAMPUNG TENGAH

2 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lampung bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah berhasil memulangkan jenazah PMI dari Malaysia asal Desa Depokrejo, Kecamatan  Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. PMI atas nama Herman Widianto bin Sunardi tersebut sebelumnya dikabarkan meninggal pada 14 Juli 2022 di Hospital Tengku Ampuan Rahimah Klang, Malaysia.

Pihak SBMI Lampung mendapat kabar hal tersebut dari jaringan relawan BMI yang berada di Malaysia. Melalui rujukan tersebut, akhirnya pihak SBMI berkordinasi dengan BAZNAS Pusat untuk melakukan penjemputan jenazah di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng untuk diantar ke kampung halaman almarhum di Dusun V, RT 020/RW 010 Desa Depokrejo, Kecamatan Trimurjo.

Menurut Sekertaris Wilayah SBMI Lampung, Tymu Irawan, jenazah almarhum Herman Widianto tiba di Bandara Soekarno Hatta pada hari Minggu 17 Juli 2022 pukul 15.05 WIB. Selanjutnya, jenazah  diantar ke Lampung pada pukul 17.40 WIB dan tiba di rumah duka pada tanggal 18 Juli 2022 dini hari.

“Jenazah Almarhum Herman Widianto sudah kita serah terimakan kepada keluarga pada 18 Juli 2022 pukul 03.35 tadi pagi dengan lancar berkat kerja sama dengan BAZNAS,” ungkap Tymu Iraawan.

Lebih Lanjut Tymu menjelaskan, untuk biaya pengeluaran jenazah dari cargo ditanggung oleh pihak keluarga karena pada saat SBMI  mencoba memohon bantuan ke BP2MI Serang untuk biaya pengeluaran kargo tidak mendapat tanggapan.

Sementara, Sukamto selaku tim dari BAZNAS mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali ini menangani jenazah PMI dari bandara hingga sampai rumah duka. Menurut Sukamto, hal ini menjadi pengalaman berarti untuk dirinya dan tim.

“Kami sudah biasa menangani jenazah, tapi yang biasa jenazah korban bencana. Untuk yang seperti ini baru awal ini dan menjadi pengalaman baru bagi kami,” ungkapnya.

Sukamto berharap kerja sama dengan SBMI ini dapat terus dipertahankan demi kemanusiaan, apalagi terkait urusan jenazah yang segera harus dimakamkan.

Pihak keluarga yang diwakili adik almarhum, Suliswanto juga mengucapkan ucapan terima kasih baik kepada SBMI maupun BAZNAS yang membantu kepulangan jenazah almarhum Herman. Menurutnya, pihak keluarga tidak bisa berbuat banyak jika tidak ada arahan dan bantuan dari para relawan.

“Kami sangat berterima kasih kepada SBMI maupun pihak BAZNAS yang telah membantu  memulangkan jenazah  keluarga kami. Terima kasih juga untuk semua relawan yang membantu mengurus jenazah kakak kami mulai dari Malaysia hingga sampai rumah duka,” pungkasnya.

Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *