sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Keyakinan Kuat Membangun Komunitas yang Solid, SBMI Gelar Musyawarah Cabang dan Pembentukan DPC di Depok

2 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) gelar musyawarah pembentukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Depok, Jawa Barat. Musyawarah cabang (muscab) ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. 

Muscab ini dihadiri oleh 15 orang dengan perwakilan DPN SBMI, DPW SBMI Jawa Barat, dan beberapa calon anggota biasa dan luar biasa SBMI kota Depok. Pada kegiatan ini agenda berjalan mulai dari pembukaan oleh MC, pembekalan oleh ketua umum SBMI, pengarahan dari perwakilan DPW Jawa Barat dan Koordinator Pemberdayaan Ekonomi serta perkenalan oleh para peserta. Dalam sidang muscab ini, sidang dipimpin oleh Moch. Ernawan.

Dalam pembekalan yang dibawakan oleh Ketua SBMI, Hariyanto Suwarno, ia menjelaskan bahwa organisasi SBMI berbentuk serikat yang berlandaskan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh dengan mekanisme sesuai mandat yaitu tripartit (setara) serta kekuasaan tertinggi ada di anggota serikat, hal ini tentu berbeda dengan bentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas). 

“Kesetaraan SBMI sudah terbentuk sejak 20 tahun yang lalu, anggota SBMI di berbagai daerah sangat kuat dan konsolidasi yang selama ini kita lakukan juga sangat baik.” terang Hariyanto. 

Dalam agenda musyawarah pembentukan cabang di Kota Depok, ditekankan pula bahwa SBMI melakukan kerja-kerja perjuangan berasaskan Pancasila dengan capaian keadilan, partisipatif, kesejahteraan, membangun perdamaian. Penjelasan bahwa SBMI masih independen sampai saat ini dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, namun semua anggota mempunyai hak dipilih dan memilih.

Muscab ini berhasil menggaet jajaran pengurus inti; Ketua DPC: Akbar Rizky Wahyudin, Sekretaris DPC: Dwinanto Umboro dan Bendahara:  Suranto. Pembentukan DPC SBMI Depok bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Buruh Migran Indonesia (BMI) dan anggota keluarganya dalam hal menyelesaikan kasus-kasus BMI, melakukan upaya-upaya pemberdayaan ekonomi bagi BMI dan anggota keluarganya serta pencegahan dan pendampingan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

SBMI mempunyai keyakinan dalam membangun komunitas yang solid untuk memberikan akses bantuan. “Kerja-kerja SBMI adalah sebagai mekanisme kontrol perjuangan BMI yang akan terbangun, pun paling penting adalah memahami dahulu tentang kerja-kerja SBMI demi menciptakan keadilan”. tutur Ernawan

Views: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *