Serikat Buruh Migran Indonesia

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

DPW SBMI Jawa Timur Meluncurkan Podcast sebagai Wadah Informasi dan Interaksi

2 min read
dpw sbmi jawa timur meluncurkan podcast sebagai wadah informasi dan interaksi 16/07/2024

Jember, 22 Juni 2024 – Dalam menghadapi tantangan migrasi pekerjaan yang semakin kompleks, Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Migran Indonesia (DPW SBMI) Jawa Timur telah meluncurkan sebuah inisiatif inovatif berupa Podcast. Podcast ini diharapkan dapat menjadi sarana interaksi yang efektif antara DPW dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di seluruh Jawa Timur serta masyarakat luas, sebagai upaya penyebaran informasi tentang migrasi yang aman dan prosedural.

Yuli, Ketua DPW SBMI Jawa Timur, menjelaskan bahwa program Podcast ini dirancang sebagai jembatan komunikasi yang mengundang berbagai pihak terkait, termasuk Pengurus DPN SBMI, DPW, DPC, instansi pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya. “Kami akan mendiskusikan berbagai isu terkait migrasi, termasuk perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia dan penanganan kasus-kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang,” ujarnya.

Acara peluncuran yang berlangsung meriah di Desa Umbulsari, Kabupaten Jember, turut dihadiri oleh perwakilan DPLN SBMI Malaysia, serta DPC SBMI Jember dan DPC SBMI Lumajang. Kehadiran juga diperkaya dengan pengalaman langsung dari purna pekerja migran.

dpw sbmi jawa timur meluncurkan podcast sebagai wadah informasi dan interaksi 16/07/2024

Sofik, purna pekerja migran dari Singapura, membagikan pengalamannya, “Saya bekerja selama 4 tahun di Singapura secara prosedural dan merasa terlindungi dengan baik.” Sementara itu, Sofia, mantan PMI dari Abu Dhabi, mengingatkan pentingnya prosedur yang benar dalam berangkat ke luar negeri untuk menghindari masalah hukum.

Rudi, perwakilan DPLN SBMI Malaysia, menyampaikan dukungannya terhadap program ini, “Semoga Podcast ini dapat memberikan banyak informasi bermanfaat kepada masyarakat.” Sentimen yang sama juga diungkapkan oleh Madiono, Ketua DPC SBMI Lumajang, yang berharap agar Podcast ini dapat membantu menyebarkan informasi tentang TPPO untuk mengurangi risiko yang dihadapi PMI.

Acara ditutup dengan suasana syukuran dan makan bersama, sebagai ungkapan harapan agar program ini menjadi salah satu media efektif dalam penyebaran informasi di era digital saat ini.

Views: 46

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *