sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Dipercayakan Menjalankan Mandat, Hariyanto dan Juwarih Terpilih Menjadi Ketua Umum dan Sekjend SBMI 5 Tahun ke depan

2 min read

Jakarta, 08 Desember 2023 – Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) telah menyelesaikan seluruh agenda kongres VII SBMI di Jakarta Timur pada 4-8 Desember 2023. Kongres yang merupakan forum tertinggi SBMI berhasil memilih Hariyanto Suwarno dan Juwarih sebagai ketua umum dan sekretaris jenderal dengan masa bakti 2023-2028 secara aklamasi. Dari 11 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) SBMI yang punya suara saat kongres, pasangan Hariyanto dan Juwarih berhasil mendapatkan 8 suara, dari wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, DPLN Malaysia, Batam, Jawa Barat, Jawa Tengah, DPLN Riyadh, dan DKI Jakarta. 

Sama seperti kongres-kongres sebelumnya, terpilih juga Dewan Pertimbangan (DP) SBMI dari berbagai wilayah; Usman dari NTB, Dina Nuriyati dari Jawa Timur, Didin dari Jawa Barat, Anwar Maarif dari Jakarta dan Maria Hingi dari NTT. Kelima dewan pertimbangan ini berwenang untuk melakukan pengawasan, evaluasi, memberikan rekomendasi secara tertulis kepada komite eksekutif untuk menyikapi masalah-masalah internal keorganisasian. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan seluruhnya yang turut bergabung dan membantu mensukseskan penyelenggaraan Kongres VII SBMI ini. Selama 3 hari ini, kami juga sudah mendengar beberapa kekurangan pergerakan SBMI yang ada di daerah, untuk kedepannya saya selaku sekjend terpilih bersama pengurus lain nantinya dapat membantu kekurangan-kekurangan yang telah kami dengar.” buka Juwarih

Hariyanto yang masih dipercayai oleh SBMI untuk menjalankan mandat juga mengungkapkan bahwa beban yang dibawa dari kongres 2019 amat sangat berat. Hariyanto menilai penguatan pengorganisasian di sektor darat dan di sektor laut harus terus menjadi arah gerakan SBMI.

“Perlu kami sampaikan pada rekan-rekan sekalian, tentu ini tidak mudah, sangat sulit untuk menjalankan mandat yang telah kita susun selama satu minggu ini ataupun mandat dari kongres 2019. Pertama, kita juga terus dituntut menyelesaikan mandat kongres 2019 sampai dengan tahun 2023, yang ada beberapa hal krusial dalam membangun penguatan pengorganisasian buruh migran di sektor darat dan buruh migran di sektor laut dinilai belum cukup kuat. Tentunya, di masa bakti 2023-2028 nantinya kami akan meneruskan mandat itu.” ucap Hariyanto

Terpilihnya ketua umum, sekretaris jenderal sekaligus dewan pertimbangan SBMI, pun menjadi penutup seluruh rangkaian agenda kongres yang dilaksanakan dari 4 sampai dengan 8 Desember 2023 di Jakarta. 

Visits: 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *