sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Dalam 2 Minggu, SBMI Lampung Bantu Pulangkan 3 Jenazah PMI

2 min read

Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Migran Indonesia (DPW SBMI) Lampung menerima aduan bantuan pemulangan 3 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam  dua minggu ini. Ketiga jenazah PMI tersebut berasal dari Lampung Selatan, Lampung Timur dan Lampung Tengah.

PMI asal Lampung Selatan yang meninggal dunia di Malaysia, sudah dipulangkan dan dikebumikan di kediaman kekuarga di Natar, Lampung Selatan pada Minggu 26/02/2023.

Sementara jenazah PMI asal  Waway Karya, Lampung Timur atas nama Mulyani yang juga meninggal dunia di Malaysia akan sampai pada hari ini Selasa, 28 Februari 2023, sedangkan  jenazah PMI asal Seputih Raman, Lampung Tengah maaih nunggu proses pemulangan dari Taiwan.

Menurut informasi dari pihak yang mengurusi di negara penempatan di Malaysia dan Taiwan, ketiganya dipastikan sakit. Ketiganya berasal dari negara Malaysia dan satu jenazah dari Taiwan.

Dalam penanganan ini, SBMI Lampung meminta BP2MI Serang dan Lampung untuk memfasilitasi pemulangan jenazah sampai ke rumah duka di Sumber Jaya Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur. Hal itu dilakukan dengan mengirim surat resmi Permohonan Bantuan Pemulangan Jenazah langsung ke instansi tersebut bernomor 012/ADU/SBMI.La/II/2023 yang ditandatangani oleh Sekertaris Wilayah SBMI Lampung, Tymu Irawan.

Menanggapi surat tersebut, Pihak BP2MI akan berkordinasi ke BP2MI yang ada di Bandara Soetta untuk proses pemulangan.

Menurut Tymu, dalam mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan seperti ini PMI harus mengerti dan tahu untuk berangkat secara resmi dan prosedural agar ketika ada musibah mendapat klaim asuransi dan prosesnya tidak terkendala berkas administrasi.

“Selain hal tersebut, pemerintah harua hadir melindungi dan memfasilitasi hak warga negaranya. Termasuk juga pemulangan jenazah seperti ini, karena mayoritas mereka dari keluarga kurang mampu,” ungkap Tymu Irawan.

Views: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *