sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

PURNA BURUH MIGRAN DI DESA SUMBER LOR, CIREBON BENTUK DPD SBMI

2 min read

Sejumlah purna buruh migran di Desa Sumber Lor, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon sepakat membentuk Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI).

Proses pembentukan DPD SBMI Desa Sumber Lor dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar di Balai Desa Sumber Lor pada Jumat (26/3/2021) siang.

Adapun susunan pengurus DPD SBMI Sumber Lor terdiri dari Wartini sebagai Ketua, Harleni sebagai Sekretaris, dan Hesti Roheti sebagai Bendahara.

Semua pengurus DPD SBMI hasil Musdes merupakan purna BMI yang pernah bekerja di berbagai negara. Wartini merupakan purna BMI Hong Kong, Harleni purna BMI Korea Selatan, dan Hesti purna BMI Arab Saudi.

Ketua DPD SBMI, Wartini, mengatakan, Desa Sumber Lor merupakan salah satu desa kantong buruh migran di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, semakin banyak pengiriman buruh migran, semakin banyak pula permasalahan yang akan muncul.

Selama ini, kata Wartini, proses penyelesaian berbagai persoalan yang dialami BMI asal Desa Sumber Lor banyak terkendala karena belum adanya sistem pendataan yang akurat. Berbagai permasalahan timbul karena belum adanya data yang akurat hingga terjadi manipulasi data, bahkan ada beberapa kasus penyalahgunaan dokumen.

“Dari permasalahan tersebut, kami  berinisiatif untuk membentuk suatu wadah agar bisa memberikan informasi tentang tata cara migrasi yang aman dan adil kepada masyarakat yang mau bekerja ke luar negeri. Kami juga akan mendorong Pemdes Sumber Lor untuk melakukan pendataan. Tidak hanya mendata BMI yang masih bekerja di luar negeri, tapi juga mendata calon BMI dan purna BMI di Des Sumber Lor,” kata Wartini.

Selain itu, lanjut Wartini, DPD SBMI Sumber Lor juga akan dijadikan wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana cara bekerja ke luar negeri yang sesuai prosedur serta penguatan mental bagi calon buruh migran asal Desa Sumber Lor dan sekitarnya.

“Bagi purna BMI, kami berharap DPD SBMI Sumber Lor bisa menjadi wadah untuk peningkatan kapasitas dan keahlian untuk pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi,” pungkas Wartini.

Sekretaris DPC SBMI Kabupaten Cirebon, Abdul Rokhman berharap dengan terbentuknya DPD SBMI, purna buruh migran di Desa Sumber Lor dan anggota keluarganya bisa lebih mandiri dan kreatif.

“Dalam hal pemberdayaan ekonomi, kami berharap segera bisa terbentuk Koperasi SBMI di Desa Sumber Lor sehingga para purna BMI dan anggota keluarganya bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan yang dikelola secara bersama-sama untuk kesejahteraan mereka,” harap Abdul Rokhman.

 

 

.

Tinggalkan Komentar Anda