sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Pengaduan Korban TPPO Ke BNP2TKI Sedang Ditindaklanjuti

1 min read

Rabu, 27 November 2019, SBMI memberikan pendampingan pengaduan kasus korban TPPO ke Arab Saudi ke UPP Crisis Center BNP2TKI

Seperti diberitakan sebelumnya, NYD (32), Buruh Migran Indonesia Perempuan korban TPPO ke Arab Saudi, yang mengalami kekerasan serta ditelantarkan di bandara yang ada di Riyadh dan berhasil dipulangkan setelah tidak sengaja bertemu dengan salah satu alumni IVLP, yang kemudian disarankan untuk meminta bantuan ke SBMI untuk melakukan pengaduan kasusnya, saat ini sudah ditindaklanjuti dan diadukan ke BNP2TKI.

Setelah korban dimintai keterangan oleh petugas, BNP2TKI pun akan menghubungkan ke bagian pemberdayaan untuk proses pemulangan ke alamat asal, Desa Reporendu, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Inilah pentingnya kelengkapan dokumen bagi pmi secara procedural agar jika terjadi masalah di negara penempatan bisa lebih dilindungi hak-haknya sebagai Buruh Migran Indonesia. Dan untuk pemerintah, harus lebih mengedepankan sosialisasi tentang bagaimana proses migrasi yang aman, tertib dan teratur, sejak dari Pemerintah Desa hingga pusat. Sehingga, perlindungan bagi CBMI bisa lebih optimal,” ungkap Fauzi.

Tinggalkan Komentar Anda