sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI TERBITKAN GROUP FACEBOOK BURUH MIGRAN HILANG KONTAK

1 min read
Group ini menjadi media pengaduan alternatif bagi keluarga buruh migran yang tidak memiliki dokumen perjalanan, dokumen ketenagakerjaan dan jati diri. Hanya foto saja sudah bisa mengadu

Serikat Buruh Migran Indonesia membuat group facebook bernama “Buruh Migran Hilang Kontak” sejak tanggal 15 Oktober 2019 lalu. Pembuatan group ini untuk membantu keluarga buruh migran yang hilang kontak di negara tujuan kerjanya. 

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia memaparkan dirinya pernah mendapatkan pengaduan buruh migran hilang kontak sebanyak 23 kasus dalam sehari. Selain dirinya, pengurus yang lainnya di daerah-daerah juga mengalami hal yang sama.

“Harus ada saluran agar terlayani dengan baik,” jelas Hariyanto (18/10/2019).

Dari penerimaan pengaduan itu, lanjutnya, kebanyakan keluarga buruh migran tidak memiliki dokumen, sehingga menyulitkan dalam membantu mencari.

Namun demikian, Serikat Buruh Migran Indonesia tidak boleh menolak pengaduan tersebut, karena itu adalah ruh dari pendiriannya yaitu memperjuangkan hak dan kepentingan buruh migran dan anggota keluarganya.

Dia mencotohkan, pengaduan di BNP2TKI dan Kemenlu, harus melengkapi data pribadi buruh migran dan keluarganya yang mengadu, jika tidak ada maka akan ditolak.

“Group BMI Hilang Kontak, memberikan alternatif melalui pendekatan sosial dengan menggunakan alat media sosial, jadi keluarga buruh migran dapat mengadu hanya dengan foto dan sedikit kronologi saja,” jelasnya.

Views: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *