sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Malaysia dan PERTIMIG Gelar Pelatihan Literasi Keuangan

2 min read

 SBMI Malaysia dan PERTIMIG Gelar Pelatihan Literasi Keuangan

Dewan Perwakilan Luar Negeri Serikat Buruh Migran Indonesia (DPLN SBMI) Malaysia berkalaborasi dengan Persatuan Pekerja Rumah Tangga Indonesia Migran (PERTIMIG) Malaysia menggelar pelatihan tentang cara mengelola keuangan (literasi keuangan).

Acara yang didukung oleh KBRI Kuala Lumpur dan Atikha Overseas Workers and Communities Initiative, Inc (ATHIKA) ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, yaitu pada hari Minggu, 2 Oktober dan 9 Oktober 2022.

Pelatihan yang dilaksanakan Sekertariat PERTIMIG di Jl. Medan Tuanku 1, Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia. ini diikuti oleh 55 peserta, terdiri dari 30 orang perwakilan SBMI Malaysia dan 25 orang perwakilan PERTIMIG.

Nasrikah dan Ermawati dari PERTIMIG tampil menjadi fasilitator dalam acara ini. Pada sesi pertama 2 Oktober 2022, acara ini dihadiri oleh Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Rizal Al Huda, sedangkan di sesi kedua pada 9 Oktober 2022 dihadiri Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur, Erga Grenaldi.

 SBMI Malaysia dan PERTIMIG Gelar Pelatihan Literasi Keuangan

Dalam kesempatan tersebut Erga Grenaldi menyampaikan salam dan dukungan dari Dubes Hermono yang tidak bisa hadir karena ada acara lain. Selain itu, ia berharap agar kegiatan yang bersifat positif seperti ini dapat terus berkelanjutan dan berharap agar para peserta juga bisa memberikan edukasi terkait literasi keuangan kepada para PMI di mana pun berada, tidak hanya di kawasan Kuala Lumpur.  

Selain membahas soal literasi keuangan, di tengah acara juga diadakan refleksi renungan diri bagaimana perjalanan selama bermigrasi di Malaysia. Beberapa peserta bercerita, bahkan sampai ada yang meneteskan air mata menginat kisah pahit selama bekerja di Malaysia. Namun, dengan adanya pelatihan ini mereka bersyukur dan akan memulai kembali perencanaan keuangan yang lebih baik.

Tri Wahyuni, salah satu peserta dari perwakilan SBMI Malaysia mengakui bahwa selama ini dirinya tidak bisa merancang keuangan dengan baik. Setelah mengikuti pelatihan ini, Tri Wahyuni bertekad akan mulai merancang keuangan dengan sebaik-baiknya agar gaji yang ia dapat tidak habis sia-sia.

 SBMI Malaysia dan PERTIMIG Gelar Pelatihan Literasi Keuangan

Ketua SBMI Malaysia, Ridwan Ismail yang turut hadir di acara tersebut juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan literasi keuangan ini. Ridwan berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan ini agar betul-betul bisa merancang keuangan dengan baik, sehingga kelak ketika kembali ke kampung halaman bisa berwirausaha di daerahnya masing-masing.

Sebagai penutup acara pelatihan literasi keuangan ini, seluruh peserta diberikan sertifikat sebagai tanda kelulusan, yang diserahkan langsung oleh Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur, Erga Grenaldi.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *