sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Lampung Hadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas TPPO

2 min read

SBMI Lampung Hadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas TPPO

Serikat Buruh Migran Indonesia DPW Lampung mengikuti rapat kordinasi Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT TPPO) Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Acara tersebut sebagai evaluasi dan sharing kerja kerja anggota GT TPPO yang bergabung di dalamnya.

SBMI Lampung menghadiri undangan tersebut sebagai salah satu anggota gugus tugas yang dibentuk untuk periode 2022-2026.

Sebagai awal pembukaan disampaikan visi misi Bappeda Provinsi Lampung serta keterlibatan perempuan dalam tataran parlemen, tenaga profesional dan organisasi pemerintah daerah khusunya di provinsi Lampung yang sudah mencapai 70 persen lebih. Termasuk angka kemiskinan ekstrim di Lampung sebagai salah satu pemicu perdagangan orang.

Menanggapi pemaparan dari Bappeda, Sekertaris SBMI Lampung yang hadir mewakili Ketua SBMI DPW Lampung menyampaikan pentingnya pemerintah dalam komitmen pemberantasan perdagangan orang.

“Terutama kami sebagai serikat atau organisasi non profit yang perlu adanya dukungan pemerintah baik pembiayaan maupun akses dalam melakukan kerja-kerja dalam pemberantasan TPPO dan pemulangan PMI yang sakit maupun meninggal dari luar negeri,” ujarnya menanggapi pemaparan Bappeda.

SBMI Lampung Hadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas TPPO

Selanjutnya, Tymu juga menyampaikan adanya sinergitas dalam gugus tugas tersebut jangan hanya di atas kertas saja mengenai pembagian peran, tetapi juga untuk aksi kerja di lapangannya. Salah satunya akses rujukan ke pemerintah yang harus cepat dan tanggap untuk menyelesaikan kasus.

Dalam forum tersebut SBMI Lampung juga berbagi pengalaman di lapangan terutama dalam hal pendampingan kasus maupun beberapa pengaduan yang saat ini tengah ditangani oleh tim advokasi.

“Salah satunya PMI perempuan asal Way Lima, Kabupaten Pesawaran yang kita dampingi dan PMI tersebut tengah berada di shelter KBRI Abu Dhabi, serta kita kuatkan keluarganya karena kabarnya mendapat tekanan dari sponsor yang memberangkatkannya yang masih tetangga korban,” ungkap Tymu menyampaikan kerja advokasi SBMI sebagai salah satu Tim GT TPPO.

Hits: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *