sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Jember Berpartisipasi Dalam Sosialisasi Migrasi Aman Bagi PMI

1 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jember tampi menjadi sala satu narasumber pada kegiatan Sosialisasi Migrasi Aman bagi Pekerja Migran Indonesia yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember pada Rabu, 8 Februari 2023.

Kegiatan in terselenggara atas kolaborasi antara Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember, Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi, dan DPC SBMI Jember. Peresta kegiatan ini terdiri dari perangkat desa se-Kecamatan Sukowono, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC SBMI Jember, Nadifatul Khoiroh menyampaikan materi tentang Pentingnya Berorganisasi dan Advokasi dalam Pendampingan Penanganan Kasus.

Melalui kegiatan ini, SBMI Jember berharap masyarakat yang bekerja ke luar negeri sebagai pekerja migran dapat dipastikan akan aman karena prosesnya sesuai dengan prosedur yang ada.

“Jika ada permasalahan, jangan takut melapor dan aparat pemerintah, khususnya Pemerintah Desa harus melayani  dengan baik dan mendampingi proses lanjutan pengaduan,” kata Nadifatul Khoiroh.

Sementara Koordinator Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi, Muhammad Iqbal  menyampaikan materi tentang Cara Migrasi Aman dan Bahaya Trafficking, sedangkan Adi Kusnandar dari Disnaker menyampaikan materi tentang Program dan Pelayanan Disnaker Kabupaten Jember.

Dari kegiatan ini terungkap bahwa dari 12 desa yang ada di Kecamatan Sukowono, hanya 2 orang yang terdaftar di BP2MI sebagai Pekerja Migran yang resmi. 

Para perangkat desa yang menjadi peserta mengungkapkan bahwa semua desa di Kecamatan Sukowono rata-rata 10 – 20% warganya pergi bekerja ke luar negeri sebagai pekerja migran. Mereka melakukan itu karena faktor ekonomi dan masalah keluarga. Namun, pada umumnya mereka menempuh cara yang nonprosedural atau ilegal dan tidak melapor ke desa.

Visits: 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *