sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI Adakan Pelatihan Pengorganisasian dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Komutitas Purna PMI di Flores Timur

2 min read

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) mengadakan pelatihan Pengorganisasian dan Pemberdayaan Ekonomi untuk komunitas purna PMI di dua desa di Kabupaten Flores Timur. Dua desa tersebut, yaitu  Desa Konga, Kecamatan Titehena dan Desa Boru Kedang, Kecamatan Wulanggitang

Kegiatan pelatihan yang dihadiri langsung Ketua Umum SBMI, Hariyanto Suwarno bersama Koordinator Departemen Pengorganisasian DPN SBMI, Aan Setyo Purnomo Hadi dan Pengurus DPC SBMI Flores Timur serta Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Flores Timur ini diadakan di Balai Desa Konga, Kecamatan Titehena, Rabu 14 September 2022.

Pelatihan ini dalam rangka pelaksanaan Program Pengorganisasian dan Pemberdayaan Ekonomi bagi Purna Pekerja Migran Indonesia (PIJAR) yang diselenggarakan SBMI atas dukungan International Organiztion of Migration (IOM).

Baca juga: Audiensi dengan Pemkab Flores Timur, SBMI Paparkan Program Pengorganisasian dan Pemberdayaan Purna PMI

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman komunitas purna PMI di desa di Kabupaten Flores Timur terkait dengan pengorganisasian dan pemberdayaan ekonomi serta adanya kesadaran komunitas terkait pentingnya pemberdayaan ekonomi berbasis koperasi.

SBMI Adakan Pelatihan Pengorganisasian dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Komutitas Purna PMI  di Flores Timur

Selain itu, pelatihan ini juga dalam rangka merealisasikan tekad bersama sebagai komunitas pelopor penggerak pemberdayaan ekonomi yang terorganisir, yang melibatkan seluruh anggota dengan berpedoman pada prinsip-prinsip koperasi berbasis industri rumah tangga.

Peserta pelatihan ini terdiri dari purna PMI dan anggota keluarganya dari Desa Konga dan Desa Boru Kedang.

Ketua DPC SBMI Flores Timur, Polseno Reno mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengorganisir para purna PMI dan anggota keluarganya untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi secara bersama-sama.

“Semoga melalui kegiatan ini bisa menghimpun purna buruh migran dan anggota keluarganya menjadi insan yang cerdas dan berdaya di desa,” harap Polseno.  

Melalui Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Muhammad Ikram, Pejabat Bupati  Flores Timur memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada SBMI yang didukung oleh IOM atas upaya yang dilakukan untuk para purna PMI di daerahnya.

“Saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini.  Saya berharap kegiatan ini mampu memberikan pemahaman terkait pengorganisasian dan pemberdayaan ekonomi di desa. Juga mengharapkan keterlibatan dari peserta untuk bisa merealisasikan apa yang didapat dari pelatihan ini,” kata Muhammad Ikram mewakili Pejabat Bupati Flores Timur.

Sementara Ketua Umum SBMI, Hariyanto Suwarno berharap dengan kegiatan ini akan semakin menambah kekuatan buruh migran di desa melalui pengorganisasian dan pemberdayaan ekonomi.

Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *