sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

Profil Ketua DPC SBMI Lampung Timur, Mujianto

2 min read

Profil Ketua DPC SBMI Lampung Timur, Mujianto

Mujianto adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Lampung Timur periode 2018 – 2022. Mujianto mendapat amanah sebagai Ketua DPC SBMI berdasarkan Musyawarah Cabang (Muscab) yang dilaksanakan di Sekretariat DPW SBMI Lampung pada pertengahan tahun 2018.

Mujianto merupakan purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bekerja di negara Malaysia selama 7 tahun, dari tahun 2000 s/d tahun 2007. Ia merupakan anak seorang petani dari Jawa Timur yang merantau ke Lampung Timur. Ibunya berasal dari Kabupaten Blitar, sedangkan bapaknya berasal dari Kabupaten Pacitan.

Karena berkeinginan untuk mengubah perekonomian keluarga serta untuk masa depannya, pada bulan Agustus 2000, Mujianto memutuskan untuk berangkat ke Malaysia menjadi BMI. Setelah 7 tahun bekerja di Negeri Jiran, Mujianto memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya.

Sepulang dari Malaysia, Mujianto berusaha merintis usaha budi daya jamur tiram berdasarkan pengalaman yang ia dapatkan sewaktu masih jadi BMI di Malaysia. Hingga saat ini, Mujianto masih menggeluti usaha budi daya  jamur tiram dan usaha yang dimulai dari modal kecil tersebut sekarang semakin berkembang.

Sebagai purna BMI, pada tahun 2014, Mujianto sebenarnya sudah diperkenalkan dengan SBMI oleh Sukendar yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPW SBMI Provinsi Lampung dan Kepala Desa Margototo serta Yunita Rohani yang saat ini menjadi pengurus nasional SBMI di Departemen Pengorganisasian Wilayah Barat.

Namun, ketika itu Mujianto belum tertarik bergabung dengan SBMI karena masih fokus mengembangkan usaha budi daya jamur tiram yang digelutinya. Beberapa tahun kemudian, Mujianto baru terketuk hatinya, bersedia membagi waktu untuk berorganisasi dengan bergabung SBMI agar dapat ikut berjuang membela hak-hak BMI dan anggota keluarganya hingga pada tahun 2018 mendapat amanah sebagai Ketua DPC SBMI Lampung Timur.

Saat ini, Mujianto tinggal di Desa Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur. Ia menikah dengan warga Lampung Timur dan dikaruniai 3 orang anak.

Views: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *