sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

MUSCAB SBMI LOMBOK BARAT, MANTAN ANGGOTA DPRD TERPILIH JADI WAKIL KETUA

2 min read

Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4 yang diadakan di Sekretariat SBMI Lombok Barat di Desa Beleke Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Sabtu (19/03/2022).

Agenda utama Muscab ke-4 ini, yaitu pertanggungjawaban pengurus lama, pemilihan pengurus baru,  dan penyusunan progam kerja. Peserta Muscab terdiri dari pengurus SBMI di tingkat desa dan kecamatan, serta dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah SBMI Nusa Tenggara Barat (DPW SBMI NTB).

Pada acara pemilihan pengurus DPC SBMI Lombok Barat Periode 2022 – 2025, seluruh peserta secara aklamasi sepakat memilih Martha Rhika Dela, S.Ikom sebagai Ketua dan Isror Khaidir sebagai Wakil Ketua.

Martha Rhika Dela merupakan mantan BMI Dubai yang telah menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, sedangkan Isror Khaidir adalah mantan anggota DPRD Lombok Barat yang pernah menjabat sebagai wakil rakyat selama tiga periode.  

Ketua terpilih  Martha Rhika Dela  mengatakan, ke depan SBMI Kabupaten Lombok Barat akan terus menjadi organisasi yang konsisten memperjuangkan pemenuhan hak-hak buruh migran dan akan terus mendorong pemerintah daerah untuk mengkampanyekan serta berkontribusi terhadap gerakan pendidikan, perlindungan, dan kesejahteraan BMI di Kabupaten Lombok Barat.

“Kita akan terus dorong Pemda untuk bersama-sama memberikan perlindungan terhadap Buruh Migran Indonesia, khususnya buruh migran yang ada di Kabupaten Lombok Barat,” katanya.

Sementara Ketua SBMI NTB, Usman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Muscab SBMI Lombok Barat karena Muscab adalah salah satu bentuk regenerasi dan penyegaran kepengurusan dalam berorganisasi sebagaimana tertuang dalam AD/ART SBMI.

Menurutnya, selama ini SBMI Lombok Barat cukup aktif dalam memberikan perlindungan atas hak buruh migran dan advokasi kebijakan di daerah.  

“Dalam grafik aktivitas pendampingan dan kerja-kerja nyata, SBMI Lombok Barat sangat konsisten memperjuangkan dan memberikan perlindungan terhadap Buruh Migran,” ujarnya.

Usman juga menekankan agar pemerintah Kabupaten Lombok Barat dapat melihat kerja-kerja nyata yang telah dilakukan oleh SBMI Lombok Barat, sehingga dapat bersinergi  dalam memberikan pendampingan dan perlindungan terhadap buruh migran yang berasal dari Lombok Barat

“Kami berharap pihak Pemkab Lombok Barat melalui Disnakertrans, Dinas Sosial dan DPMD, serta Dinas Koperasi Lombok Barat dapat bersama-sama melakukan sosialisasi dan edukasi serta melakukan pemberdayaan terhadap BMI dan mantan BMI beserta anggota keluarganya,” jelas Usman.

Kepada pengurus yang baru terpilih, Usman menegaskan agar terus konsisten memperjuangkan pemenuhan hak-hak buruh Migran, memberikan pendampingan dan pendidikan dan terus memperjuangkan kepentingan buruh migran dan mantan buruh migran beserta anggota keluarganya.

Hits: 79

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *