sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

DPW SBMI Jawa Timur Menerima Kunjungan dan Wawancara dari Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang

1 min read

Malang, 6 Juni 2024 – DPW SBMI Jawa Timur (Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Migran Indonesia) menerima kunjungan dan wawancara dari mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang. Kunjungan ini bertempat di Jalan Veteran Dalam dan merupakan kunjungan ketiga dari kelompok tugas yang berbeda. Kunjungan ini dikoordinatori oleh Griselda, mahasiswi FH Universitas Brawijaya Malang, yang melakukan profiling terhadap DPW SBMI Jawa Timur.

Ketua DPW SBMI Jawa Timur menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap dapat menularkan pengetahuan praktis di lapangan. Beliau menjelaskan bahwa SBMI merupakan antitesa dari kondisi buruk yang dialami oleh banyak Buruh Migran Indonesia. SBMI berubah menjadi Serikat Buruh setelah Kongres ke-2 di Batu.

Wawancara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai advokasi yang didampingi oleh SBMI, seperti advokasi kasus TPPO, pengiriman PMI secara unprosedural, gaji tidak dibayar, pemalsuan dokumen, penipuan, dan penggelapan. SBMI juga berjejaring dengan dinas-dinas terkait di Jawa Timur, seperti Dinas Tenaga Kerja, BP3MI, Polda, Polres, Bupati, serta Muspika.

Griselda bertanya, “Apa saja upaya yang dilakukan SBMI untuk membantu PMI memperoleh haknya?” Ketua DPW SBMI menjelaskan bahwa, “SBMI mendampingi setiap kasus yang dihadapi PMI berdasarkan laporan. Jika terkait TPPO, SBMI mendampingi laporan ke Polres hingga selesai dan memastikan PMI mendapatkan haknya. Jika PMI sakit, SBMI juga mengupayakan pengobatan dengan meminta rujukan dari Dinas Kesehatan setempat,” ujarnya.

Kunjungan dan wawancara diakhiri dengan sesi foto bersama. Yuli, Ketua DPW SBMI Jawa Timur, berpesan kepada mahasiswi untuk terus menyebarluaskan isu-isu mengenai PMI di kalangan akademisi sebagai upaya pencegahan bahaya TPPO dan prosedur migrasi yang aman.

Views: 50

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *