sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

AKUI MANFAAT PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS, KADES PUGUNG RAHARJO SAMPAIKAN TERIMA KASIH KE SBMI LAMPUNG

2 min read

Kepala Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur menyampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada SBMI Lampung yang sudah merekomendasikan desanya sebagai penerima manfaat program peningkatan kapsitas desa dan komunitas yang diselenggarakan Yayasan Kalyana Mitra bekerja sama dengan SBMI dan dukungan penuh UN Woman.

“Sebagai Kepala Desa, kami bangga karena akhirnya program ini menjadikan desa kami semakin paham akan proses penempatan buruh migran dan tahu apa saja yang mejadi kewenangan Pemerintah Desa dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” kata Kades Pugung Raharjo, Sumarlan.

Hal tersebut disampaikan Kades Sumarlan pada acara peningkatan kapasitas bertajuk Peningkatan Kapasitas Desa dan Komunitas untuk Pencegahan dan Respons Kekerasan terhadap Perempuan Pekerja Migran dan Trafficking yang digelar di Aidia Grande Hotel, Lampung, Jumat (26/3/2021).

Kades Sumarlan mengatakan, selama ini warga Desa Pugung Raharjo yang bekerja di luar negeri banyak yang mengalami masalah. Namun, pihak Pemdes tidak mengetahui perekrut dan PT yang memberangkatkannya.

“Selama ini, kami tidak tahu warga yang bekerja di luar negeri itu sponsornya siapa dan kantor PT-nya di mana. Tapi kalau ada masalah, muaranya adalah Pemerintah Desa. Sebelum ada program ini, kami tidak pernah mendapatkan informasi tentang aturan atau undang-undang yang mengatur tentang buruh migran dan tindak pidana perdagangan orang, sehingga selama ini yang mendampingi korban adalah SBMI Lampung Timur,” katanya.

Lebih lanjut Kades Sumarlan mengatakan, saat ini warga Desa Pugung Raharjo yang bekerja di luar negeri yang diketahui Pemerintah Desa ada 50 orang.

Dengan adanya program ini, Kades Sumarlan berharap akan membuka wawasaan Pemerintah Desa dan warga Desa Pugung Raharjo terutama tentang syarat-syarat untuk bekerja ke luar negeri dan apa yang harus dilakukan Pemerintah Desa jika ada warga yang mengalami masalah.

“Kami berharap bisa selalu bersama-sama membangun Desa Pugung Raharjo dalam peningkatan kapasitas desa dan komunitas untuk pencegahan dan respons kekerasan terhadap perempuan pekerja migran dan trafficking,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar Anda