PURNA BURUH MIGRAN DI DESA MELAKASARI, CIREBON SEPAKAT BENTUK DPD SBMI

Sejumlah purna BMI di Desa Melakasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon sepakat membentuk Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).

Melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar di Kantor Desa Melakasari, Minggu (17/1/2021), purna BMI Korea Selatan, Suprianto terpilih sebagai Ketua DPD SBMI Melakasari.

Sementara dua purna BMI Arab Saudi, yaitu Soleha dan Karni masing-masing terpilih sebagai Sekretaris dan Bendahara.

“Karena Desa Melakasari merupakan desa kantong buruh migran dan Kades-nya pun purna BMI, kami sepakat membentuk wadah (DPD SBMI, Red) supaya bisa memberdayakan purna BMI dan anggota keluarganya,” kata Suprianto seusai terpilih sebagai Ketua DPD.

Menurut Ketua DPC SBMI Cirebon, Nurakhman Normandika, DPD SBMI Melakasari merupakan DPD ke-5 yang secara resmi telah terbentuk di Kabupaten Cirebon.

“Harapan saya, dengan semakin banyaknya DPD SBMI yang terbentuk, masyarakat akan semakin cerdas dan paham tentang tata cara bermigrasi yang aman dan berkeadilan, sehingga dapat meminimalisir berbagai persoalan yang mengakibatkan BMI bernasib buruk ketika berada di negara penempatan,” kata Nurakhman atau biasa dipanggil Kang Maman.

SBMI Cirebon, kata Kang Maman, akan bekerja keras agar kepengurusan SBMI di tingkat desa di wilayah Kabupaten Cirebon dapat terus bertambah.

 “Mudah-mudahan DPD SBMI di desa-desa lain di wilayah  Kabupaten Cirebon dapat segera terbentuk, mengingat Cirebon merupakan salah satu daerah kantong butuh migran,” pungkas Kang Maman.

Tinggalkan Komentar Anda