AGENDA FORUM ASEAN UNTUK BURUH MIGRAN KE 12 DI BANGKOK

Besok ASEAN Forum on Migrant Labor (AFML), memulai agenda kerjanya pada pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Bentuknya pertemuan persiapan perwakilan nasional CSO, yang dilaksanakan di  Centre Point Pratunam Hotel Soi 15 Petchaburi Road, Rathatewi, Pratunam, 10400 Bangkok.

Adapun temanya adalah “Masa Depan Kerja dan Migrasi” yang diselenggarakan oleh pemerintah Thailand. Demikian disampaikan oleh Bobi dari Bangkok.

Dijelaskan AFML adalah salah satu kegiatan di bawah rencana kerja ASEAN Committee on the Implementation of the ASEAN Declaration on the Protection and Promotion of the Rights of Migrant Workers (ACMW) yang berkaitan dengan penguatan perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran.

AFML adalah acara tahunan ACMW dan diikuti oleh pemerintah negara-negara anggota ASEAN, pekerja dan organisasi pengusaha dan organisasi masyarakat sipil. Forum ini menyediakan platform terbuka untuk diskusi, pertukaran praktik terbaik dan tinjauan rekomendasi yang diadopsi, karena perlindungan buruh migran dinyatakan sebagai salah satu tujuan cetak biru komunitas sosial-budaya ASEAN, dorongan dari rencana kerja ACMW.

AFML telah dikoordinasikan dan didukung oleh ACMW, Sekretariat ASEAN, ILO, IOM, TFMW (Gugus Tugas untuk Pekerja Migran ASEAN dan Perempuan PBB).

Platform AFML juga terbuka untuk peninjauan, diskusi, dan pertukaran praktik terbaik dan gagasan di antaranya pemerintah, organisasi pekerja dan pengusaha, dan pemangku kepentingan masyarakat sipil tentang masalah-masalah utama yang dihadapi pekerja migran di Asia Tenggara, dan untuk mengembangkan rekomendasi untuk memajukan implementasi prinsip-prinsip Deklarasi ASEAN tentang perlindungan dan promosi hak-hak buruh migran.

Berikut adalah tema dan pelaksanaan kegiatan AFML sebelumnya:

AFML 11 mengusung tema “Digitalisasi untuk Mempromosikan Pekerjaan Layak untuk Pekerja Migran di ASEAN “dan diadakan dari 29 hingga 30 Oktober 2018 di Singapura, Singapura selama 29-30 Oktober 2018.

AFML 10 mengusung tema Menuju Pencapaian Pekerjaan Layak untuk Pekerja Rumah Tangga  ASEAN dan diselenggarakan dari 25 hingga 26 Oktober 2017 di Filipina.

AFML 9 dengan tema Kualitas Hidup yang Lebih Baik untuk Pekerja Migran ASEAN melalui Penguatan Perlindungan Sosial diadakan dari 9 hingga 10 November 2016 di Vientiane, Laos.

AFML 8, mengusung tema: Memberdayakan Komunitas ASEAN melalui Perlindungan dan Promosi Hak-hak Pekerja Migran. Itu diadakan dari 26 27 Oktober 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia.

AFML 7, mengusung tema Menuju Komunitas ASEAN pada tahun 2015 dengan peningkatan langkah-langkah untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak pekerja migran. Itu diadakan 20-21 November 2014 di Nay Pyi Taw, Myanmar.

AFML 6, mengusung tema Meningkatkan Kebijakan dan Perlindungan Pekerja Migran melalui Berbagi Data, dan Akses yang Memadai ke Sistem Hukum dan Peradilan Selama Pekerjaan termasuk Mekanisme Pengaduan yang Efektif. Itu diadakan dari 26 hingga 27 November 2013 Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

AFML 5, diadakan dengan tema Perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran: Menuju Praktek dan Peraturan Perekrutan yang Efektif dari 9 hingga 10 Oktober 2012 di Siem Reap, Kamboja.

AFML 4,  membuat rekomendasi untuk promosi citra positif, hak, dan
martabat, dan promosi strategi untuk pengembalian dan reintegrasi yang efektif, serta alternatif berkelanjutan untuk pekerja migran. Itu diadakan dari 24 hingga 25 Oktober 2011 di Bali, Indonesia.

AFML 3, ada 6 rekomendasi dibuat dengan penekanan pada peningkatan kesadaran dan layanan informasi untuk melindungi hak-hak pekerja migran. Itu berlangsung dari 19 hingga 20 Juli 2010 di Hanoi, Vietnam.

AFML 2, diadakan bersama satuan tugas untuk buruh migran ASEAN (TFAMW) untuk membahas instrumen kerangka ASEAN tentang perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran dari 30 hingga 31 Juli 2009 di Bangkok, Thailand.

AFML 1, diadakan dengan Departemen Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan, Filipina dari 24 hingga 25 April 2008 di Manila, Filipina.

Tinggalkan Komentar Anda