sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

KOMITMEN DUBES RI UNTUK ARAB SAUDI: KBRI RUMAH RAKYAT

2 min read
SBMI Arab Saudi berharap Dubes Prof. Dr. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag mampu membawa perubahan sehingga perlindungan BMI maksimal

dubes arabDubes RI untuk Arab Saudi Prof. Dr. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag pada Jumat 18/03/2016 menggelar kegiatan silaturahmi perkenalan “Malam Pengantar Tugas”. Kegatan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna KBRI Riyadh ini dihadiri staff KBRI dan tamu undangan dari elemen organisasi buruh migran, pelajar dan mahasiswa dan pengusaha Indonesia. 

Dalam sambutannya ia berkomitmen siap melayani dan akan menjadikan KBRI sebagai rumah rakyat.Ia juga mengulang amanat Presiden Joko Widodo pada saat melantiknya menjadi Duta Besar Arab Saudi pada 13 Januari 2016 lalu,

“Mas jadikan KBRI rumah rakyat” kata Agebegriel menirukan Jokowi.

Komitmen lainnya juga disampaikan bahwa seluruh aktifitas diplomasi digunakan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan rakyat.

“Tassorufu Diplomasiyyah Lihtimami Wamaslahati Roiyyah” tegasnya dalam bahasa Arab.

Menanggapi hal tersebut, Eden Permana Sekertaris SBMI Arab Saudi menyambut baik komitmen Dubes baru ini.  Menurutnya apa yang disampaikan tersebut sangat normatif, karena berdasarkan presfektif hak asasi manusia, tugas pemerintah itu antara lain: Menghormati (to respect), Melindungi (to protect) dan Memenuhi (to fulfil).

“beliau sudah mendeklarasikan komintmennya, kita harus mengawal itu, semoga ini penanda baik bagi perlindungan buruh migran,” katanya diamini oleh 8 orang pengurus lainnya yang turut hadir.

SBMI-KONSULERZaenal Muttaqien Ketua SBMI Arab menambahkan bahwa kaidah islam juga sebenarnya menganjurkan hal yang sama. Salah satu yang sering dijadikan dalil adalah pemimpin itu hakikatnya adalah pelayan masyarakatnya.

“Sayyidul Qoumi Khodimuhum” Kata Zaenal mengutif sebuah Hadits.

SBMI Arab Saudi berharap Dubes yang baru ini benar-benar membawa pembaharuan dalam pelayanan warga negara, sehingga perlindungan warga negara khususnya perlindungan terhadap buruh migran bisa terwujud, seperti oase di tengah gurun pasir. 

Tinggalkan Komentar Anda